Penjualan Elektronik Naik Tipis

Penjualan Elektronik Naik TipisPameran Spektra Meriah di Jogja City Mall menawarkan promo pembiayaan ringan untuk konsumen produk gadget, elektronik hingga furnitur, Jumat (21/9). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S
04 April 2019 07:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Memasuki tahun politik, penjualan peralatan elektronik dinilai mengalami peningkatan meski tak signifikan. 

Pegawai di toko elektronik Pelangi di Gejayan, Jogja, Bambang mengungkapkan penjualan alat elektronik sebenarnya tidak ada peningkatan signifikan, hanya beberapa saja yang mengalami kenaikan seperti kipas angin salah satunya. “Kalau mau pemilu ini ya mungkin ada ya yang beli untuk itu kampanye, atau acara-acara doorprize. Namun tidak tahu juga pastinya berapa peningkatan masuk Pemilu 2019,” ucapnya, Selasa (2/4).

Menurutnya, peningkatan penjualan alat elektronik kali ini lebih dipengaruhi adanya tahun ajaran baru di kampus. Sebab banyak mahasiswa dari luar kota yang datang untuk membeli kebutuhan kamar indekos. 

Ramadan Lebih Berpengaruh

Sementara itu, kata dia, Ramadan juga menyumbang penjualan elektronik. “Biasanya meningkat nanti pas Lebaran. Kalau hari besar ya, sama pas Tahun Baru itu pasti meningkat penjualannya,” ucapnya.

Hal berbeda disampaikan penjual telepon genggam, di toko Sukomoro, Aditya Prakoso. Menurutnya, tahun politik ini tidak berpengaruh apa-apa terhadap penjualan.

Ia mengatakan saat ini penjualan masih seperti hari-hari biasa, penjualan dalam sehari biasanya sekitar tiga barang. Saat penjualan ramai, kata dia, dalam sehari setidaknya ada delapan ponsel yang terjual.

 “Tidak pengaruh kalau menjelang Pemiliu ini. Mungkin nanti kalau mau masuk puasa itu biasanya malah naik penjualannya. Kalau sekarang ya stabillah itungan penjualannya,” ujarnya.

Menurutnya, pola masyarakat saat ini cenderung berubah. Meski tak menjelaskan secara detail, tetapi penjualan ponsel bekas lebih tinggi daripada baru. Harga produk yang lebih terjangkau dan kualitas yang masih laik disebutnya menjadi factor penyebab.