Pimpinan Cabang Askrindo Yogyakarta: Pilih Memahami Bisnis Proses & Kondisi Pasar

Pimpinan Cabang Askrindo Yogyakarta: Pilih Memahami Bisnis Proses & Kondisi PasarPemimpin Cabang PT Asuransi Kredit Indonesia atau PT Askrindo Yogyakarta, Urai Gafur Ade Saputra./ Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
16 April 2019 22:52 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Menanamkan pada karyawan mengetahui bisnis proses, memahami kondisi pasar sehingga mampu menguasai market, menjadi salah satu kunci yang coba ditanamkan Pemimpin Cabang PT Asuransi Kredit Indonesia (PT Askrindo Yogyakarta), Urai Gafur Ade Saputra. 

Pria yang disapa dengan nama Putra ini mengaku untuk menjadi pemimpin di sebuah perusahan asuransi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan modal terbesar memiliki tantangan tersendiri. Apalagi perusahaan ini ditarget menjadi market leader.

Misalnya, kata dia, tantangan soal personal accident, fire, liability, contractor all risk, asuransi kredit modal kerja sebagai substitusi collateral bagi kontraktor di DIY. Meski cukup banyak tantangan yang harus dijalani, Putra yang pernah menjadi staf Askrindo Cabang Semarang pada September 2012-Juni 2015, Pimpinna Cabang di Pati, Jawa Tengah pada Juni 2015 – Januari 2018 mengaku hal tersebut bukanlah hal yang mustahil.

“Saya tanamkan karyawan mengetahui bisnis proses, memahami kondisi pasar sehingga mampu menguasai market,” ucap pria kelahiran Singkawang 4 September 1989 itu, Senin (8/4).

Lulusan Manjemen transport di Sekolah Tinggi Ilmu Maritim dan Transpor (Stimart) AMNI Semarang, Jawa Tengah itu menuturkan keyakinan itu terbentuk karena perusahaan ini memiliki lingkungan yang mendukung. Hal ini terbukti dari staf Askrindo yang selalu merasa bahagia  bekerja di perusahaan ini. “Tim kami dari generasi milenial yang memiliki semangat kerja tinggi. Kalau duka tidak ada. Lebih ke tantangan baru, semangat baru,” katanya.

Ditanya mengenai rencana ke depan, pria yang mulai menjadi Pimpinan PT Askrindo Yogyakarta sejak Januari 2019 ini menuturkan sepenuhnya akan menjalankan visi PT Askrindo. Yakni menjadi perusahaan penanggung risiko yang unggul dengan layanan global guna mendukung perekonomian nasional; menjadi perusahaan penanggung risiko yang mendukung pembangunan ekonomi nasional terutama program pemerintah dalam pengembangan UMKMK dan perusahaan korporasi dengan pelayanan global, adaptif dan inovatif serta mengembangkan diri guna mendukung perekonominan secara nasional.

Sebagai upaya untuk mendukung visi itu, Putra berusaha memimpin perusahaan ini dengan menerapkan lima nilai budaya perusahaan seperti determinasi, reliabilitas, integritas, visioner dan ekselen (DRIVE). Menurutnya, lima nilai tersebut dapat membawa asuransi milik BUMN ini menjadi penanggung risiko yang terpercaya dan dapat diandalkan oleh mitra kerja. Karena itu, berbagai layanan terus diberikan PT Askrindo. Contohnya dengan memberikan penjaminan kredit usaha rakyat (KUR), asuransi kredit, suretybond, kontra bank garansi, asuransi kredit Perdagangan dan general insurance.

Bermain Golf

Putra mengaku di saat senggang, dia memilih menyempatkan waktu bermain golf. Biasanya hobi ini dijalankan setiap akhir pekan.

Meski gandrung dengan olahraga ini, dia menuturkan tak menikmati permainan ini seorang diri. Terkadang, dia memanfaatkan momen ini  untuk menjalin hubungan baik dengan para mitra atau menjalin interaksi dengan komunitas baru. Dengan harapan Askrindo semakin dikenal publik sehingga produk-produk yang dimiliki pun dapat dimanfaatkan masyarakat lebih luas.