Advertisement

Gim Asli Tanah Air Siap Meledak, Apa Itu?

Rahmad Fauzan
Kamis, 18 April 2019 - 09:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Gim Asli Tanah Air Siap Meledak, Apa Itu? Ilustrasi bermain game online - Daily Mail

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan pihak pengembang gim lokal tengah mempersiapkan salah satu gim asli buatan Indonesia yang digadang-gadang bakal meledak di pasar gim Internasional.

Meski tidak mengatakan siapa pihak pengembang atau pun gim terkait, akan tetapi Rudiantara mengungkapkan gim tersebut diperkirakan meledak pada 2020. “Mudah-mudahan bisa meledak nanti tahun 2020. Perlu satu–dua tahun karena kan perlu branding, sosialisasi, dan lain sebagainya,” ujar Rudiantara di Jakarta, Selasa (16/4).

Advertisement

Adapun, lanjutnya, pada 2017 bisnis eksport di Tanah Air berhasil meraup pendapatan US$700 juta [Rp9,8 juta]. Untuk pemain gim, diperkirakan Indonesia memiliki pemain lebih dari 50 juta orang.

Senada, salah satu atlet e-sports Indonesia, FF Audrey, sebelumnya mengatakan tidak tertutup kemungkinan gim lokal dapat bersaing di ranah internasional. Sebab saat ini sudah ada beberapa gim lokal yang sukses di kancah internasional, yakni Dreadout.

Pertumbuhan industri gim Tanah Air merupakan yang tercepat di Asia Tenggara. Pada 2017, data Telkom menyebutkan pertumbuhan industri gim di Indonesia menduduki peringkat pertama, yakni 37,3%. Di peringkat kedua adalah Thailand dengan 30,9%, diikuti oleh Vietnam dengan 27,2%, dan Malaysia dengan 27%.

Saat ini masalah utama dari industri gim Indonesia adalah jumlah perusahaan gim dalam negeri masih sedikit. Ada tiga hal yang menjadi tantangan, yakni rendahnya investasi, jumlah perusahaan yang sedikit, dan kurangnya talenta.

Terkait dengan kondisi tersebut, Telkom menginvestasikan dana yang lebih besar untuk industri gim lokal dengan menggandeng para pengembang besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement