Advertisement

Janji Pemerintah, Harga Bawang Putih Stabil 2 Hari Lagi

Antara
Jum'at, 10 Mei 2019 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Janji Pemerintah, Harga Bawang Putih Stabil 2 Hari Lagi Ilustrasi bawang putih. (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Harga bawang putih melambung tinggi sampai di kisaran Rp61.500 per kilogram (kg). Kementerian Perdagangan (Kemendag) pun menjanjikan harga komodita situ bisa stabil dua hari lagi. 

Hal itu dicapai dengan menyiapkan pasokan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di tingkat pusat dan daerah. "Dalam satu dua hari ke depan ini harga bawang putih di seluruh tempat di Indonesia secara berangsur bisa kembali stabil," kata Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward, dalam pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Advertisement

Hal tersebut diungkapkan Dody seusai memantau harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dody menyakini harga bawang putih yang sempat menyentuh Rp80.000 per kg bisa kembali stabil pada kisaran Rp30.000 per kg karena penambahan pasokan.

Dia menyebut salah satu penyebab harga bawang putih sempat melonjak tinggi adalah pasokan tidak diperoleh langsung dari sumber utama. "Sudah ada beberapa importir bawang putih yang memasukkan barang sehingga saya kira harganya bisa segera stabil kembali karena pasokannya sudah tersedia," ujar dia.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga bawang putih saat ini berada di kisaran Rp61.500 per kg. Harga bawang putih termurah di Kepulauan Riau seharga Rp29.300 per kg dan harga termahal di Kalimantan Timur senilai Rp93.700 per kg.

Harga bawang putih di DKI Jakarta menempati urutan kedua termahal dengan kisaran harga Rp85.850 per kilogram. Di Solo, harga bawang putih kating berdasarkan data Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (Sihati) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah mencapai Rp42.666 per kg. Di Soloraya harga bawang putih tertinggi terjadi di Boyolali senilai Rp65.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement