PLN Intensifkan Pemeliharaan Tanpa Padam

PLN Intensifkan Pemeliharaan Tanpa PadamIlustrasi jaringan PLN - Bisnis/Paulus Tandi Bone
14 Mei 2019 08:47 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta mengaku siap menjaga pasokan listrik selama Ramadan dan Lebaran.

Humas PLN UP3 Yogyakarta Rina Wijayanti mengatakan pada Ramadan dan Lebaran, PLN akan mengintensifkan kegiatan pemeliharaan jaringan tanpa padam. Pemeliharaan ini dilakukan oleh regu Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). "Selain itu kami juga akan mengintensifkan kegiatan inspeksi jaringan dan thermovision untuk keandalan pada Ramadan dan Idulfitri 1440 H," jelas dia, Senin (13/5).

Rina mengungkapkan siaga Hari Raya Idulfitri mulai dilakukan pada H-7 hingga H+7. Hal itu diwujudkan dengan tidak melakukan kegiatan pemadaman terencana. Oleh karena itu, ketika ada kejadian padam pada periode tersebut disebabkan gangguan yang tidak bisa dikontrol ataupun diprediksi oleh PLN. "Kecuali adanya keperluan mendesak dan urgent," tutur dia.

Rina memaparkan ketika masa Ramadan dan Lebaran, biasanya terdapat kenaikan konsumsi listrik pada malam hari maksimal 500 MW yang dipakai atau beban puncak. Akan tetapi daya tersebut masih tercukupi karena kapasitas daya yang terpasang masih 56,89%.

Kenaikan secara umum atau general pada saat menjelang hari Raya Idulfitri sekitar 0,6%, lebih pada daerah perkotaan yang konsumsi pemakaian listriknya cujup besar,  wilayah Jogja dan Sleman.