Advertisement

Penurunan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Jelang Lebaran Bisa Picu Kelangkaan

Rio Sandy Pradana
Selasa, 14 Mei 2019 - 08:27 WIB
Nina Atmasari
Penurunan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Jelang Lebaran Bisa Picu Kelangkaan Ilustrasi - Aktivitas penerbangan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (18/12/2018). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menjelang Lebaran, Pemerintah menurunkan tarif batas atas tiket pesawat. Penurunan tarif batas atas maskapai diperkirakan bisa membuat masyarakat kesulitan mendapatkan tiket apabila jumlah penerbangan tambahan yang diajukan tidak maksimal.


Gerry Soedjatman Sekretaris Jaringan Penerbangan Indonesia mengatakan, dampak penurunan TBA adalah maskapai harus ikut menurunkan tarifnya agar tidak melampaui koridor tersebut. Harga yang akan dibayar oleh masyarakat juga akan semakin rendah dibandingkan dengan sebelumnya.

Advertisement


"Siap-siap bakal cepat habis saja tiketnya, karena harga murah, tetapi kapasitas kursinya tidak berbeda jauh," kata Gerry, Senin (13/5/2019).


Dia khawatir akan banyak masyarakat yang tidak mendapatkan tiket penerbangan pada saat menjelang Lebaran karena harga yang murah. Hal tersebut bisa memicu bentuk protes baru.


Di sisi lain, lanjutnya, bagi maskapai akan berdampak negatif. Lebaran yang biasanya identik dengan peningkatan permintaan dan harga yang mendekati TBA, justru harus diturunkan.


Menurutnya, wajar apabila maskapai protes terhadap kebijakan tersebut. Pendapatan yang diarup dari penjualan tiket menjadi tidak optimal kendati sudah mengeluarkan penerbangan tambahan. "Jangan sampai ada yang nyinyir, percuma harga murah kalau kehabisan [tiket], sama saja bohong," ujarnya.


Kendati demikian, Gerry menilai maskapai masih bisa mengajukan peninjauan ulang atas kebijakan tersebut kepada pemerintah. Akan tetapi, penurunan TBA harus tetap diimplementasikan terlebih dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal dan Lokasi Bus SIM Keliling Bantul Sabtu 27 April 2024

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement