Superstore Mitra10 ke-31 Dibuka di DIY

Superstore Mitra10 ke-31 Dibuka di DIYDirektur mitra10, Indra Gunawan (kiri) bersama komisaris utama PT Catur Sentosa Adiprana Tbk; Achmad Widjaja (tiga dari kiri); Direktur Utama Mitra10, Andy Totong (empat dari kiri), Wakil Direktur Utama PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, Antonius Tan (dua dari kanan) dan Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, Warit Jintanawan (satu dari kanan) berbincang seusai melakukan seremonial pembukaan jaringan ritel Mitra10 di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Kamis (4/7)./ Harian Jogja - Gigih M. Hanafi
05 Juli 2019 10:27 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), perusahaan distribusi bahan bangunan, kimia dan Consumer Goods/ FMCG, dan pemilik jaringan toko ritel modern Mitra10 & Atria terus memacu pertumbuhan segmen ritel modern bahan bangunan dan home improvement. Upaya itu dilakukan dengan membuka Mitra10 ke-31 di di Maguwohardjo, Sleman, DIY, Kamis (4/7).

Idrus H Widjajakusuma, Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, induk usaha PT Catur Mitra Sejati Sentosa selaku pemilik dan pengelola jaringan ritel Mitra10 mengatakan Mitra10 ini merupakan superstore kedua yang diresmikan tahun ini dari target lima superstore baru sepanjang 2019.

"Peresmian ini merupakan bentuk dari strategi ekspansi agresif CSAP di segmen ritel modern bahan bangunan. Untuk mendukung rencana ekspansi, CSAP telah menganggarkan Rp500 miliar untuk segmen ritel modern," kata dia, Kamis (4/7).

Superstore Mitra10 Maguwoharjo merupakan Mitra10 pertama yang berada di Jawa Tengah dan DIY. Pemilihan DIY tidak lepas dari pesatnya pertumbuhan ekonomi dan kawasan residensial di DIY. Di mana toko bahan bangunan dengan konsep ritel modern tersebut menyasar pemilik rumah baik rumah tapak maupun rumah susun (apartemen) yang akan membangun rumah baru maupun yang melakukan renovasi.  “Selain itu, 80 persen barang-barang yang kami tawarkan merupakan produk dalam negeri dan superstore ini menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 120 orang. Dengan demikian, kehadiran Mitra10 di DIY kami harapkan dapat hidup berdampingan dan saling melengkapi dengan industri setempat serta memberikan sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi di DIY," papar dia.

 

Diskon Menarik

Guna menarik minat masyarakat DIY dan sekitarnya untuk berbelanja, Mitra10 menawarkan aneka diskon menarik baik untuk anggota maupun nonanggota Mitra10. Promo menarik juga diberikan kepada pemegang kartu kredit tertentu yang menjadi mitra serta dukungan layanan pengiriman barang gratis untuk radius pengantaran tertentu.

Ia mengatakan CSAP menargetkan membuka lima superstore Mitra10 sepanjang 2019. Perseroan sudah membuka Mitra10 tipe superstore di Cirebon, Jawa Barat pada akhir Maret 2019, dan Kamis (4/7) di Sleman, DIY. Kemudian selanjutnya Solo, Jawa Tengah; Surabaya, Jawa Timur dan Makassar, Sulawesi Selatan yang akan beroperasi pada semester II tahun ini sehingga jumlah Mitra10 pada akhir 2019 mencapai 34 toko. Untuk menopang rencana tersebut CSAP telah mengalokasikan capex segmen ritel sebanyak Rp500 miliar. “Kami menargetkan pada 2021 jumlah toko Mitra10 akan mencapai 50 toko yang tersebar di Jabotabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi dan Kalimantan,” dia.

Pada 2019, CSAP menargetkan pertumbuhan secara konsolidasi sebesar 13% yang ditopang dari target pertumbuhan Distribusi sebesar 10% dan ritel modern sebesar 20% untuk menopang target pendapatan konsolidasi perseroan sebesar Rp12,3 triliun pada 2019.

Prospek usaha CSAP tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditargetkan oleh pemerintah sebesar 5,1%. Pertumbuhan ini tidak terlepas kaitannya dengan target konsumsi dan kebutuhan akan hunian oleh masyarakat Indonesia. Konsumsi rumah tangga di kisaran 5% dengan tingkat inflasi 3,5%. "Backlog kebutuhan akan rumah telah mencapai 7,6 juta rumah. Dengan indikator ini, CSAP yakin bahwa iklim usaha di Indonesia sangat kondusif dan akan mendorong pertumbuhan prospek usaha CSAP yang fokus di bidang bahan bangunan baik itu di segmen distribusi maupun ritel modern," kata dia.