Advertisement

Tour de Ambarrukmo Dorong Sport Tourism di DIY

Kusnul Isti Qomah
Senin, 22 Juli 2019 - 05:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tour de Ambarrukmo Dorong Sport Tourism di DIY Para peserta Tour de Ambarrukmo melakukan start dari kawasan The Ambarrukmo, Sleman, Sabtu (20/7)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 1.600 peserta mengikuti gelaran Antangin Tour de Ambarrukmo 2019, Sabtu (20/7). Kegiatan ini dinilai mampu mendorong kunjungan wisata dan sport tourism yang berkembang di DIY.

Tour de Ambarrukmo (TDA) merupakan agenda bersepeda tahunan yang digelar oleh The Ambarrukmo yakni Plaza Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, dan Grand Ambarrukmo Hotel.

Advertisement

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melepas para peserta Tour de Ambarrukmo (TDA). Ia meminta peserta menikmati bersepeda sembari berwisata. Ia juga meminta peserta berhati-hati karena akan melalui rute yang panjang. "Hati-hati di jalan, semoga sampai finis," kata dia sebelum melepas para peserta di kawasan The Ambarrukmo, Sleman, Sabtu (20/7).

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja mengungkapkan Pemda DIY mendukung acara yang bergengsi ini baik dari sisi penyelenggaraan maupun animo masyarakat. TDA merupakan salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu baik oleh warga DIY, luar DIY hingga luar negeri.

"Tentunya ada multiplier effect di DIY. Hotel, restoran, dan pusat oleh-oleh ikut menggeliat. Dari sisi destinasi juga ikut dikenalkan kepada para peserta karena melewati destinasi unggulan di DIY," jelas dia.

 

Tour de Ambarrukmo

General Manager Plaza Ambarrukmo mengatakan TDA merupakan kegiatan rutin setiap tahun sejak 2017. Kali ini, Antangin menjadi sponsor utama. "Para peserta akan menempuh jarak rute race 145 km dan rute reguler [nonrace] sepajang 130 km. Kegiatan bertujuan memperkuat citra DIY sebagai tujuan wisata dan budaya melalui bersepeda," kata dia.

Ia menyebutkan selama tiga tahun berturut-turut animo peserta semakin tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah peserta yang meningkat setiap tahunnya. Ia menyebutkan TDA 2017 diikuti 600 peserta, TDA 2018 diikuti 800 peserta, dan TDA 2019 diikuti 1.600 peserta.

"Melalui event ini para pesepeda diajak gowes melintasi beberapa ikon wisata di DIY sehingga merasakan pengalaman langsung selama melakoni rute perjalanan. Ikon itu antara lain Waduk Sermo dan Candi Prambanan," jelas dia.

Acara ini diharapkan memberikan dampak positif bagi peningkatan kunjungan wisatawan ke DIY. TDA juga diharapkan semakin mengenalkan potensi DIY sebagai tujuan wisata budaya, sejarah, kuliner, dan belanja.

Marcomm Manager Royal Ambarrukmo Khairul Anwar menyambut positif keberagaman kategori wisatawan yang hadir di DIY baik yang datang untuk wisata budaya, minat khusus, hingga untuk mengikuti event olahraga seperti TDA. "Melalui kegiatan ini kami harap potensi di DIY semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan luar negeri," terang dia.

General Manager Grand Ambarrukmo Didin Muhidin mengaku event TDA mampu mendorong peningkatan okupansi hotel. "Untuk tamu yang menginap di Grand Ambarrukmo, kami melihat ada peningkatan 20 persen dibandingkan event tahun lalu," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement