Advertisement

Consumers Sales General Manager Acer Indonesia: Komunikasi Adalah Kunci

Kusnul Isti Qomah
Selasa, 30 Juli 2019 - 07:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Consumers Sales General Manager Acer Indonesia: Komunikasi Adalah Kunci Consumers Sales General Manager Acer Indonesia Nino Wirawan ketika ditemui di Artotel Yogyakarta, Sleman beberapa waktu lalu./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memimpin suatu tim untuk mencapai tujuan yang sama dibutuhkan kerja keras. Namun, komunikasi dinilai menjadi faktor yang penting bagi kelancaran pekerjaan bersama tim yang dipimpin. Hal itu pula yang dilakukan Consumers Sales General Manager Acer Indonesia Nino Wirawan.

Nino Wirawan mengaku bergabung dengan Acer pada 2002. Pertama kali menjadi bagian dalam keluarga besar Acer, dia berada di dalam tim produk, selang beberapa waktu kemudian, dia mendapatkan kesempatan bergabung dengan tim sales atau bertanggung jawab untuk penjualan Acer, khususnya untuk produk consumers. "Untuk sehari-hari bersama tim, kami memastikan bagaimana distribusi bisa merata di seluruh Indonesia dan ada di setiap toko ritel di Indonesia. Pastikan barang ada dan ada promo menarik sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli," kata dia kepada Harian Jogja di Artotel Yogyakarta, Sleman beberapa waktu lalu.

Advertisement

Ia mengakui dalam berkarier selalu ada tantangan yang dihadapi. Tantangan itu harus bisa dijawab bukannya dihindari. Tantangan semakin beragam seiring perubahan zaman. Salah satu tantangan yang dia hadapi yakni perubahan tren yang harus selalu diikuti.

"Contohnya, dahulu enggak begitu tahu produk gaming, ada tetapi sangat sedikit. Bergerak kemari kita lihat sekarang produk gaming pertumbuhannya luar biasa," jelas dia.

 

Tak Mudah

Nino mengatakan berjualan produk gaming bukanlah perkara gampang. Sebab, harga terendah produk ini sekitar Rp20 juta hingga Rp30 juta. Ia dan tim harus bisa meyakinkan rekan bisnis Acer untuk memiliki produk dan menjualnya. "Setelah itu, tantangannya bagaimana barang itu bisa ada di semua toko ritel dengan harapan semua promosi dan komunikasi bisa sampai ke konsumen. Dan, ketika konsumen mau beli, barangnya ada di toko itu," kata dia.

Persaingan dengan kompetitor pun sangat ketat. Apalagi kompetitor memiliki berbagai aktivitas untuk menarik konsumen. "Kami berlomba-lomba sampai ke kami sekunder dan tersier. Bisa bikin barang ada, dipajang, diterima, dan dijual dengan baik, itu suatu pencapaian," kata dia.

Untuk bisa mencapai hal itu semua, dibutuhkan kerja tim yang solid dan komunikasi yang baik. Nino menilai komunikasi merupakan faktor yang cukup penting baik untuk arahan maupun tujuan.

"Komunikasi jadi bagian signifikan sebuah tim bisa jalan dengan baik atau enggak. Pendekatannya setengah teman kerja, setengah teman. Agar punya kedekatan dengan tim. Enggak cuma menuntut, tetapi mengajak untuk bekerja dengan lebih baik lagi bersama-sama," terang dia.

Ia berharap bisa membawa Acer mendominasi market di Indonesia baik untuk produk thin and light maupun gaming. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement