Bluebird & WWF Rilis One Ride One Seed

Bluebird & WWF Rilis One Ride One SeedIlustrasi taksi - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat
02 Agustus 2019 10:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bluebird menghadirkan program One Ride One Seed, sebagai komitmen terhadap lingkungan, khususnya peningkatan kualitas udara di Jakarta.

Program ini merupakan bagian dari kampanye #BirukanLangitJakarta yang diusung oleh Bluebird. Pada Maret lalu Bluebird mencatat sejarah sebagai perusahaan taksi yang pertama di Indonesia dalam menghadirkan kendaraan listrik E-Bluebird dan E-Silverbird.

Program One Ride One Seed diadakan selama tiga bulan dari Kamis (1/8)–Kamis (31/10). Kampanye ini bekerja sama dengan World Wide Fund for Nature (WWF) dalam membuka kesempatan bagi masyarakat yang telah bepergian menggunakan kendaraan listrik Bluebird untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Cukup dengan Rp100.000, para pengguna E-Bluebird dan E-Silverbird dapat mengadopsi satu pohon yang akan ditanam di hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Cilliwung.

“Langkah ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk mengajak masyarakat bersama-sama dalam menjaga kelestarian alam. Kami percaya program ini tidak hanya akan membantu mengurangi polusi udara, tetapi juga membantu menjaga kelestarian lingkungan dan kesinambungan air bersih bagi masyarakat Jakarta,” kata Direktur PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono, melalui siaran pers, Kamis (1/8).

Adrianto menjelaskan mekanisme bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam program ini cukup mudah, yaitu cukup dengan mengunjungi situs www.bluebirdgroup.com/onerideoneseed dan mendaftarkan rencana perjalanan, kendaraan listrik Bluebird akan hadir untuk sedia mengantar dengan nyaman dan aman sampai ke tujuan. Ketika sampai ke tujuan, penumpang akan membayar tambahan argo senilai Rp100.000, sebagai donasi melalui WWF-Indonesia untuk penanaman satu pohon di hulu DAS Ciliwung yang akan ditanam dan dirawat selama dua tahun.

Direktur Kemitraan WWF-Indonesia, Ade Swargo Mulyo menyambut baik komitmen Bluebird terhadap upaya perbaikan lingkungan. “Bluebird adalah pelopor penyedia moda transportasi ramah lingkungan melalui taksi listriknya. Hal ini tentu saja memberikan dampak positif bagi upaya perbaikan kualitas udara Jakarta,” ucapnya.

Kolaborasi bersama Bluebird melalui program ini tidak saja menekankan pentingnya penanaman kembali pohon di lahan kritis tetapi juga upaya edukasi untuk bertanggung jawab atas jejak karbon yang dihasilkan dari berbagai kebiasaan. Contohnya menggunakan kendaraan berbahan bakar fosil dan penggunaan listrik. Penanaman pohon adalah aksi sederhana untuk menebus dampak negatif dari kebiasaan kita tersebut, pohon memiliki peran vital yaitu menyerap karbondioksida (CO2) dan melepaskannya kembali dalam bentuk oksigen (O2) ke udara. Pihaknya mengajak seluruh pelanggan Bluebird untuk menyukseskan program ini demi langit Jakarta kembali biru dan sehat.

Bluebird berencana mendatangkan sebanyak 200 mobil listrik hingga 2020, guna menghilangkan 434,095 kg emisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter; dan penambahan 2000 unit mobil listrik pada periode 2020 - 2025 yang akan menghilangkan 21.704.760 kg emisi CO2 atau setara dengan konsumsi BBM sebanyak 94.909.091 liter.