Kompetisi Paduan Suara JSCC Digelar di GQ Hotel

Kompetisi Paduan Suara JSCC Digelar di GQ HotelDirector of Sales Marketing GQ Hotel Tri Hartoko (paling kanan) berfoto bersama GM Pemasaran Harian Jogja Sri Pujiningsih (kedua dari kiri) di Kantor Harian Jogja, Jumat (2/8/2019). - Harian Jogja/Sunartono.
02 Agustus 2019 14:27 WIB Sunartono Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Grand Quality (GQ) Hotel Yogyakarta bersama organisasi pemerhati paduan suara, Keraton de Chorale akan menggelar kompetisi paduan suara bertajuk Jogja Student Choral Competition (JSCC), Sabtu (10/8/2019). Kegiatan yang akan diikuti ratusan pelajar SD, SMP dan SMA itu akan berlangsung di Kalasan Ballroom GQ Hotel Yogyakarta.

Director of Sales Marketing GQ Hotel Tri Hartoko menjelaskan kegiatan itu digelar sekaligus untuk memperingati HUT RI ke-74 sekaligus melestarikan budaya daerah dan menumbuhkan rasa nasionalisme. Mengingat dalam kompetisi paduan suara ini para peserta akan menyajikan lagu nasional dan lagu daerah.

“Dalam kompetisi ini akan merebutkan Piala Gubernur DIY dan Bupati Sleman untuk pemenang pertama dan kedua,” terangnya saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Jumat (2/8/2019).

Ia menambahkan kompetisi ini merupakan kali pertama paduan suara pelajar pertama yang diadakan lingkung DIY dan Jawa Tengah. “Harapannya bisa dijadikan sebagai jaang pengembangan bakat dan media pendidikan untuk pelajar DIY dan Jawa Tengah. Ini menjadi konsen kami bersama Keraton de Chorale dalam mengangkat tema pelestarian budaya,” ujar Tri Hartoko.

Pengurus Keraton de Chorale Odhi Pratama menambahkan, dalam kompetisi itu akan diikuti 15 tim yang sebelum telah melalui proses seleksi. Jumlah siswa yang terlibat sekitar 450 anak untuk semua jenjang. Setiap kelompok diberikan waktu sekitar 10 menit untuk tampil menyuguhkan dua lagu, terdiri atas lagu daerah dan lagu nasional yang semuanya sudah ditentukan oleh panitia untuk memilih salah satu.

“Melalui kegiatan ini diharapkan anak bisa termotivasi dan bisa mengurangi kegiatan seperti bermain gadget, karena sebelumnya mereka harus berlatih untuk kekompakan. Lagunya masing-masing ada lima pilihan,” ujarnya.

 Dalam kompetisi rencananya akan dinilai oleh tiga juri antara lain Septhian Catur Pamungkas, Irene Vista Budi Kusumastuti dan Albertus Wisnu yang sudah memiliki banyak pengalaman dan prestasi di bidang vokal baik di level nasional maupun internasional. Kompetisi ini rencananya akan dimulai pukul 07.30 WIB hingga 18.00 WIB.