TBBM Rewulu Diganjar Penghargaan di Thailand

TBBM Rewulu Diganjar Penghargaan di ThailandPT Pertamina (Persero) mendapatkan dua penghargaan dalam ASEAN Energy Award 2019 bertempat di Bangkok, Thailand, Rabu (4/9) malam./ Ist - Pertamina
05 September 2019 22:27 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

 Harianjogja.com, JOGJA–PT Pertamina (Persero) mendapatkan dua penghargaan dalam ASEAN Energy Award 2019 bertempat di Bangkok, Thailand, Rabu (4/9) malam. Penghargaan disabet Terminal BBM Rewulu sebagai 1st runner up kategori Industry dan Refinery Unit (RU) IV Cilacap sebagai 1st runner up kategori Green Building.

ASEAN Energy Award 2019 digelar oleh ASEAN Center for Energy (ACE) yang merupakan salah satu organisasi antar pemerintah di bawah naungan ASEAN. Award ini merupakan bentuk apresiasi atas implementasi energi efisiensi dan konservasi di negara-negara Asia Tenggara.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan DIY Iin Febrian mengungkapkan TBBM Rewulu memang sangat layak mendapatkan penghargaan energi efisiensi dan konservasi mengingat selama enam tahun berturut-turut yakni pada 2013-2018 telah mendapatkan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. “Pencapaian Proper dari KLHK membuktikan secara operasional dan lingkungan TBBM Rewulu telah patuh terhadap aturan bahkan secara keberlanjutan memberikan perhatian kepada masyarakat sekitarnya dalam program corporate social responsibility [CSR]," ujar melalui siaran pers, Kamis (5/9).

Ia menjelaskan TBBM Rewulu juga mendapatkan penghargaan Subroto Award dari Kementerian ESDM kategori Konservasi Energi dan Efisiensi pada 2019 serta satu-satunya Terminal BBM di Indonesia yang telah tersertifikasi ISO 50001 bidang energi. Terminal BBM Rewulu merupakan salah satu dari tujuh Terminal BBM yang berada di wilayah Pertamina MOR IV.

Terminal ini didirikan pada 1973 dan menempati lahan seluas 19 hektare. TBBM Rewulu melayani distribusi ke 175 SPBU serta 192 konsumen industri di wilayah DIY dan ex-Karesidenan Kedu dengan jenis produk yaitu gasoline seperti Premium; Pertamax; Pertalite, sedangkan gasoil seperti Pertamina Dex dan Solar serta produk avtur dan FAME.

“Dengan diraihnya penghargaan ini, membuktikan Pertamina mampu memperlihatkan kepada dunia Internasional tentang efisiensi, inovasi dan konservasi energi untuk menjaga keberlangsungan yang seimbang antara operasional dan lingkungan masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

Penghargaan untuk Terminal BBM Rewulu, diterima langsung delegasi Pertamina yaitu General Manager Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan DIY Iin Febrian serta Operation Head TBBM Rewulu Rahmad Febriadi, didampingi Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Arcandra Tahar.