CEO BMW ASTRA : Lebih Baik Superteam daripada Superman

CEO BMW ASTRA : Lebih Baik Superteam daripada SupermanCEO BMW Astra Fredy Handjaja./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
01 Oktober 2019 12:22 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Agar sebuah organisasi ataupun perusahaan bisa berjalan lancar dibutuhkan kerja sama yang baik dari sebuah tim. Hal itu pula yang diterapkan di BMW Astra agar selalu solid dan berkembang.

CEO BMW Astra Fredy Handjaja mengungkapkan di dalam sebuah tim tidak dibutuhkan sosok superman yang bisa mengatasi semua sendiri. Namun, hal yang paling dibutuhkan adalah superteam agar sebuah organisasi bisa berkembang jauh. "Di Astra itu, team work adalah keharusan. Kerja sama tim yang harus ditekankan. Kami tidak pernah cari superman, tetapi superteam," ujar dia kepada Harian Jogja beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan dalam menjalani profesinya di BMW Astra ia mengaku harus terus bisa mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen. Menurutnya, konsumen BMW memiliki kebutuhan tersendiri sesuai kelas mereka yang tergolong high class. "Kami harus terus berinovasi supaya pelayanan yang ada selalu baru, exciting biar enggak membosankan," kata dia.

Salah satunya melalui program joint experience yakni kesempatan untuk konsumen bisa ikut menyervis pada kendaraannya. Layanan ini memungkinkan konsumen untuk ikut serta dalam merawat dan perbaikan kendaraan secara langsung bersama para mekanik BMW Astra. Ia menjelaskan layanan ini bertujuan untuk memberi kepuasan kepada pelanggan sekaligus mengedukasi pelanggan perihal teknis dan wawasan teknologi kendaraan BMW.

Ia mengakui hal ini juga menarik konsumen untuk ikut serta. "Segmen itu memang ada peminatnya. Kami harus bisa memberikan layanan dengan menghadirkan personal experience. Tiap konsumen treatment-nya berbeda," kata dia.

 

Berkendara Eksklusif

BMW Astra melalui BMW Sales Operation (BSO) beroperasi sebagai dealer BMW yang menjalankan kegiatan pemasaran dan penjualan mobil serta layanan purnajual di bawah koordinasi PT BMW Indonesia sebagai distributor tunggal di Indonesia. BMW Astra memasarkan berbagai model mobil BMW untuk pribadi yang menginginkan pengalaman berkendara yang eksklusif.

Pada 2017, telah ditambahkan produk terbaru, yaitu all-new BMW Seri 5. BMW Astra juga menyediakan kemudahan layanan purnajual yang lengkap dan bernilai tambah. Layanan ini mencakup jasa pemeliharaan dan perawatan, klaim garansi, jasa perawatan kendaraan di rumah (home service), overhaul dan perbaikan bodi mobil, serta penyediaan suku cadang, aksesori dan merchandise, dilengkapi dengan layanan darurat 24 jam di jalan raya melalui kerja sama dengan AstraWorld. "Kegiatan BMW Astra sebagai diler terfokus pada aspek penjualan dan tidak memiliki kegiatan produksi," kata dia.

Pada 2017, BMW Astra meluncurkan BMW Astra Serpong sebagai bagian dari Astra Biz Center, yang menjadi dealer resmi BMW i-series untuk penjualan dan servis di Indonesia. BMW Astra mengelola jaringan distribusi yang mencakup kantor pusat dan delapan kantor cabang, terdiri dari empat cabang untuk melayani daerah Jabodetabek, yaitu Sunter, TB Simatupang, Pluit dan Serpong, serta empat cabang lainnya masing-masing melayani wilayah Semarang, Surabaya, Denpasar dan Makassar.

Untuk kesempurnaan layanan yang diberikan, maka sejak 2017 seluruh cabang BMW Astra telah dilengkapi dengan fasilitas VSP (vehicle, service, parts) sehingga mampu memberikan layanan penjualan dan purnajual terpadu. Semangat BMW Astra untuk senantiasa membahagiakan pelanggan (delighting customers) menjadi kunci keberhasilan dalam meraih beberapa penghargaan yang prestisius, antara lain The Best Dealer in Customer Care in The Importer Region Africa, Caribbean, Eastern Europe, Asia Pacific, Middle East untuk BMW Astra Sunter dalam ajang Excellence in Sales 2016 dan The Best BMW Workshop in Indonesia untuk BMW Astra Surabaya.