Kerek Perekonomian DIY, Sinergi PHRI & UMKM Ditingkatkan

Kerek Perekonomian DIY, Sinergi PHRI & UMKM Ditingkatkan Ilustrasi UMKM - Bisnis Indonesia/Rachman
18 Desember 2019 08:27 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY akan terus meningkatkan sinergi dengan usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sinergi tersebut merupakan wujud komitmen PHRI untuk ikut meningkatkan perekonomian di DIY.

Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono menyebutkan selama ini sudah ada beberapa hotel dan restoran anggota PHRI yang memakai produk UMKM. "Sinergi ini akan terus kami dorong. Kami harap semakin banyak teman-teman yang memakai produk-produk lokal DIY," kata dia, Selasa (17/12).

Ia mengungkapkan jumlah hotel dan restoran yang sudah ikut mengembangkan UMKM dan ikut serta dalam program Pemkot Jogja Gandeng Gendong sekitar 50 hotel dan restoran di Jogja. Jumlah hotel dan restoran yang menggandeng UMKM di DIY diharapkan terus bertambah.

"Hanya, kami masih berharap mutu atau kualitasnya produk UMKM itu sesuai standar. Untuk makanan diharapkan higienis. terdaftar di BBPOM, dan memenuhi standar lainnya. Untuk UMKM binaan, saat ini kita baru merintis," ungkap dia.

Ia menyebutkan beberapa hotel di DIY menyediakan konter khusus untuk UMKM di DIY. Ada yang memakai sistem bagi hasil dalam bentuk kerja samanya. "Hotel menyediakan konternya saja dan UMKM bisa memanfaatkan dengan tanpa sewa sebagai corporate social responsibility hotel. Untuk restoran, biasanya jika produk yang digunakan adalah makanan maka akan dibeli dahulu," kata dia.

Ia mengungkapkan kebersamaan dan sinergitas antarhotel, restoran dengan umkm yang saling menguntungkan menjadi tujuan utama."Ini sebagai upaya agar sama-sama bisa maju UMKM maupun hotel dan restoran karena satu sama lain enggak bisa lepas dari branding dan promosi kedua belah pihak," kata dia.