Paguyuban Wanita Bank PT Bank BPD DIY Gelar Bakti Sosial

Paguyuban Wanita Bank PT Bank BPD DIY Gelar Bakti SosialEkspresi anak-anak yang menahan sakit saat mengikuti khitanan massal dalam rangkaian kegiatan bakti sosial dan pentasarufan zakat yang digelar Paguyuban Wanita Bank PT Bank BPD DIY di Kaligatuk, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (18/12)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
19 Desember 2019 07:47 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Paguyuban Wanita Bank PT Bank BPD DIY menggelar kegiatan bakti sosial dan pentasarufan zakat di Kaligatuk, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (18/12). Kegiatan ini digelar untuk memeringati ulang tahun ke-58, PT Bank BPD DIY.

Ketua Umum Paguyuban Wanita Bank PT Bank BPD DIY Hastien Santoso Rohmad mengungkapkan kegiatan bakti sosial dan pentasarufan zakat merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya. "Melalui kegiatan ini kami ingin bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. Kami harap kegiatan yang kami gelar ini bermanfaat bagi mereka," ujar dia ketika ditemui Harian Jogja di Kaligatuk, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (18/12).

Ia menjelaskan ada beberapa kegiatan dan bantuan yang diberikan yakni khitanan massal, pembagian paket bahan pangan, bazar, dan penyerahan bantuan air bersih. "Dana untuk kegiatan ini sebagian besar berasar dari dana yang dikumpulkan dari gaji karyawan. Jadi, kegiatan ini merupakan pentasarufan zakat dari gaji," kata dia.

Ia menjelaskan ada 200 paket bahan pangan yang dibagikan, sedangkan untuk khitanan massal ada 30 anak yang mengikuti kegiatan tersebut. Untuk pelaksanaan bazar, warga sekitar bisa membeli pakaian dengan harga Rp1.000 hingga Rp2.000. Hasil penjualan dalam bazar tersebut akan dikembalikan ke masyarakat untuk membantu memakmurkan masjid. "Untuk air bersih, ada lima tangki bantuan yang kami serahkan untuk daerah sekitar sini yang masih kekurangan air bersih," jelas dia.

Ketua Bidang Pendidikan Paguyuban Wanita Bank PT Bank BPD DIY Nurdiyana Cahya Widi menyebutkan penyelenggaraan kegaitan rutin ini digelar bergantian di daerah dari cabang-cabang Bank BPD DIY. Tahun ini Bank BPD DIY cabang Bantul yang mendapat giliran sebagai tuan rumah. "Kami menyurvei terlebih dahulu untuk daerah yang akan menjadi lokasi bakti sosial. Kami ingin bantuan yang kami berikan ini tepat sasaran kepada yang membutuhkan dan bermanfaat bagi mereka. Kami berharap ke depan bisa semakin banyak membantu masyarakat," ujar dia.

Ia menjelaskan ada sekitar anggota 600 Paguyuban Wanita Bank PT Bank BPD DIY dengan 47 orang sebagai pengurus. Kegiatan yang dilakukan pun beragam. Selain bakti sosial ada pula kegiatan pendidikan misalnya kursus, workshop baik untuk anggota maupun anak-anak. "Kadang ada kursus untuk membuat aksesori supaya memberikan peluang pada ibu-ibu untuk mengembangkan potensinya," kata dia.

Salah satu warga penerima bahan pangan Suripti mengaku senang dengan bantuan yang diterima. Bahan pangan yang diterima sangat bermanfaat untuk kebutuhannya sehari-hari. "Alhamdulillah bisa dapat bahan pangan. Isinya beras, minyak goreng, mi telur, gula, dan teh," kata dia.