Kementerian BUMN Klarifikasi Soal Saham Jiwasraya di Perusahaan Erick Thohir

Kementerian BUMN Klarifikasi Soal Saham Jiwasraya di Perusahaan Erick ThohirWarga melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya di Jalan Juanda, Jakarta, Rabu (11/12/2019). - ANTARA /Galih Pradipta
27 Desember 2019 14:27 WIB Wibi Pangestu Pratama Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Kabar bahwa PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pernah memiliki saham PT Mahaka Media Tbk. dan memperoleh keuntungan dari sana dibenarkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengonfirmasi isu yang beredar bahwa Jiwasraya pernah membeli saham perusahaan dengan kode emiten ABBA tersebut. Menurut dia, pembelian saham berlangsung kira-kira pada 23 Januari 2014.

Kala itu, menurut Arya, Jiwasraya membeli saham ABBA senilai Rp14,9 miliar dengan harga saham Rp95 per lembarnya. Perusahaan asuransi plat merah tersebut tercatat memegang saham ABBA selama hampir satu tahun dan memperoleh keuntungan.

"Jiwasraya menjual saham tersebut dua kali, pada 17 Desember 2014, jadi gak sampai setahun, nilainya Rp11 miliar lebih itu dengan harga saham Rp114. Kemudian, pada hari yang sama, dia [Jiwasraya] menjual juga Rp6 miliar di harga saham Rp112," ujar Arya pada Jumat (27/12/2019).

Menurut Arya, Jiwasraya memperoleh keuntungan sekitar Rp2,8 miliar atau sekitar 18% dari penjualan saham ABBA tersebut. Namun, setelah itu, Jiwasraya tidak lagi mencatatkan pembelian saham Mahaka.

Arya pun menegaskan bahwa pembelian tersebut merupakan transaksi yang berlangsung di market seperti biasa. Tidak terdapat transaksi bisnis khusus yang berkaitan dengan Erick Thohir selaku bos Mahaka.

"Jadi gak sampe setahun untuk ketika beli saham Mahaka, jadi beda dengan saham gorengan ya. Itu melebihi bunga bank, bahkan lebih dari JS Saving Plan," tegas dia.

Sumber : Bisnis.com