Advertisement

Gojek Jadi Pemegang Saham Minoritas Blue Bird

Ilman A. Sudarwan
Sabtu, 22 Februari 2020 - 07:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
Gojek Jadi Pemegang Saham Minoritas Blue Bird Ilustrasi taksi - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Blue Bird Tbk menyatakan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek telah membeli saham di perseroan.

Melalui penjualan dengan harga Rp3.800 per saham itu, Gojek menjadi salah satu pemegang saham minoritas perseroan. Pemegang saham pengendali di emiten berkode saham BIRD itu masih dimiliki PT Pusaka Citra Djokosoetono, sebesar 31,51%

Advertisement

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Noni Purnomo megatakan kemitraan ini juga merupakan bagian dari implementasi kode QRIS melalui GoPay, sebagai salah satu metode pembayaran taksi Bluebird. Metode pembayaran ini nantinya juga akan terintegrasi ke aplikasi MyBluebird.

“Bergabungnya PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai salah satu pemegang saham menunjukkan bahwa PT Blue Bird Tbk sebagai penyedia transportasi merupakan partner yang strategis bagi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa,” katanya melalui siaran pers, Jumat (21/2/2020).

Dia optimistis langkah masuknya Gojek ke dalam perseroan akan memperkuat kolaborasi di antara keduanya. Hal ini juga diharapkan dapat menjadi membantu perseroan dalam meningkatkan layanan kepada konsumen.

Direktur Utama Blue Bird Group Holding Kresna Djokosoetono menambahkan pembelian saham oleh Gojek juga menunjukkan tingginya kepercayaan di antara kedua perusahaan.

Senada, Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengataktakan kerja sama dengan Bluebird merupakan langkah untuk meningkatkan layanan pembayaran dan transportasi milik perseroan. Dia meyakini Blubird dapat menjadi mitra strategis yang tepat untuk mewujudkan hal itu.

“Gojek merupakan salah satu layanan platform terbesar untuk konsumen di Asia Tenggara dan hal tersebut tidak dapat dicapai tanpa partner kuat yang memungkinkan kami untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” jelasnya.

Rumor masuknya Gojek ke dalam struktur pemegang saham Blue Bird mencuat setelah pada 13 Februari 2020 PT Pusaka Citra Djokosoetono melego sebagian kepemilikannya di BIRD. PT Pusaka Citra menjual 108.207.016 saham dengan harga Rp3.800 per saham. Alhasil, total nilai transaksinya adalah Rp 411 miliar.

Sejalan dengan transaksi itu porsi kepemilikan PT Pusaka Citra berkurang menjadi 31,517 persen dari semula 35,842 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement