Advertisement

Pegadaian Beri Keringanan Cicilan, Anda Sudah Mengajukan?

Arif Gunawan
Senin, 13 April 2020 - 08:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pegadaian Beri Keringanan Cicilan, Anda Sudah Mengajukan? Beberapa warga mengunjungi PT Pegadaian cabang Lempuyangan, Rabu (30/5). Hingga memasuki minggu ketiga Ramadan, transaksi gadai masih landai. - Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Pegadaian (Persero) menerbitkan kebijakan restrukturisasi berupa perpanjangan jangka waktu, penundaan pembayaran angsuran, hingga pembebasan denda kepada nasabah perseroan. Upaya ini diberikan untuk nasabah yang terkena dampak pandemi virus Corona (Covid-19).

Kebijakan tersebut ditempuh untuk menjalankan instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan kebijakan kelonggaran atau relaksasi kredit berupa penundaan angsuran hingga satu tahun.

Advertisement

"Kami terus memberi kemudahan bagi nasabah-nasabah perseroan, di antaranya berupa keringanan pembayaran cicilan sampai dengan 1 tahun. Untuk mekanisme pemberian keringanannya akan dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di Pegadaian," kata Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, Sabtu (11/4).

Menurutnya, kebijakan ini diterbitkan sebagai respons atas POJK No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 berbentuk keringanan yang diberikan oleh Pegadaian yaitu berupa perpanjangan jangka waktu, pembebasan tunggakan denda, dan penundaan pembayaran. "Kami memberi keringanan kepada nasabah yang memiliki usaha dan yang barang jaminannya masih dipergunakan untuk menunjang usahanya," paparnya.  

Ajukan Permohonan

Kuswiyoto menyatakan untuk mendapatkan keringanan tersebut para nasabah harus mengajukan permohonan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Pegadaian dapat mendata nasabah mana saja yang sesuai dengan kriteria yang dimaksud.

Nasabah dapat mengajukan permohonan dengan mengisi formulir permohonan melalui lama resmi atau datang langsung ke gerai Pegadaian terdekat.

Pegadaian akan menilai kelayakan nasabah yang akan memperoleh keringanan sesuai persyaratan tertentu dan hasilnya diinformasikan kepada nasabah sesegera mungkin. Saat ini, pelayanan nasabah di gerai Pegadaian menerapkan protokol jaga jarak fisik untuk mencegah penularan Covid-19.

Kriteria Nasabah yang Mendapat Keringanan

Nasabah yang Memanfaatkan Produk:

  • Kreasi
  • Arrum Mikro
  • Arrum Ultra Mikro
  • Arrum Ekspress Loan
  • Amanah
  • Rahn Tasjily Tanah
  • Kreasi Ultra Mikro
  • Kreasi Ekspress Loan
  • Kreasi Multiguna

Kriteria Khusus

Memiliki usaha tetapi mengalami penurunan pendapatan karena Covid-19

Sumber: JIBI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sopir Ngantuk, Dua Mobil Adu Banteng di Jalan Jogja-Wonosari hingga Ringsek

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement