Advertisement

Enggartiasto Ajak Dunia Usaha Bantu Pemerintah Atasi Covid-19

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 09 Mei 2020 - 07:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
Enggartiasto Ajak Dunia Usaha Bantu Pemerintah Atasi Covid-19 Perwakilan dari Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Yayasan Sahati dan manajemen EL Hotel Royale Yogyakarta, secara simbolis menyerahkan bantuan ke RSPAU dr. S. Hardjolukito, Kamis (6/5)./ Ist. - EL Hotel Royale Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyerukan agar semua pihak bahu-membahu saling membantu dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Dia menyerukan kepada pengusaha dan yang berkecukupan di negeri ini untuk membantu rumah-rumah sakit, dan daerah yang warganya memerlukan alat perlindungan diri (APD) di Tanah Air. Ia sendiri memberikan bantuan untuk Jogja diserahkan di RSPAU dr. S. Hardjolukito, Rabu (6/5).

Advertisement

"Bangsa ini memerlukan semua elemennya untuk urun rembuk saling membantu, karena tidak ada satu negara pun yang siap. Sekaliber Amerika sekalipun, tidak siap,” kata Enggartiasto, didampingi Alek Sumadi Seng dan Then Herry Yulianto dari Yayasan Sahati di Jakarta, Rabu (6/5).

Bantuan itu diserahkan oleh Yunita Wulandari mewakili manajemen EL Hotel Royale Yogyakarta, Malioboro kepada Letkol Agung Riyadi dari pihak RSPAU. dr. S. Hardjolukito. Mengutip Enggar, Yunita Wulandari mengatakan sumbangan alat kesehatan ini dikumpulkan dari para pengusaha yang peduli dan ingin berkontribusi mengatasi pandemi Covid -19.

Jika sebelumnya saat menjadi Mendag, Enggartiasto mengumpulkan pengusaha untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok selama Ramadan dan Idulfitri. Di Ramadan kali ini, ia mengumpulkan pengusaha untuk menggalang sumbangan ke daerah-daerah dan berbagai rumah sakit di Tanah Air.

Ini disebutnya sebagai manifestasi management by walking around yang diakuinya terinpirasi dari keseharian Presiden Jokowi. Enggar juga menyatakan tidak mungkin menghadapi masalah ini hanya menyandarkan semuanya kepada pemerintah. Negara adidaya pun tergagap menghadapi wabah ini. Sebaliknya, semua kekurangan yang terjadi, harusnya diatasi bersama seluruh elemen bangsa. Ini yang mengakibatkan politisi senior Partai NasDem ini menggalang sejumlah pengusaha untuk membantu mengatasi pandemi.  Apa yang dilakukannya bersama Chandra Asri, PT Indonesia SEIA, dan juga Pakuwon Grup melalui Pakuwon peduli, akan terus bergulir menggamit pihak-pihak lain yang peduli untuk membantu pemerintah menuntaskan wabah ini.

 

Jenis Sumbangan

Sumbangan guna penanganan Covid-19 ini adalah kali kelima yang diberangkatkan Enggartiasto, Sumadi Seng, dan Then Herry.  Berhasil digalang Enggar meliputi 1,3 juta masker bedah, 300.000 masker KN-95, 40.000 pelindung wajah (face shield), 60.000 medical safety suit (alat pelindung diri/APD), dan sarung tangan medis 100.000 set. Selain itu, Enggar dan Yayasan Sahati juga menyiapkan 175.000 unit alat rapid test dan yang akan datang adalah 30 unit ventilator.

Selain di Jogja, alat-alat itu sudah dan akan didistribusikan ke Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Solo, dan Cirebon.  "Saya mengimbau kepada seluruh warga negara melakukan apa pun yang kita bisa untuk ikut mengatasi pandemi Covid-19 ini. Semoga Tuhan melindungi Indonesia,” kata Enggar.

Sementara itu, Letkol Agung Riyadi selaku Kepala Humas mengatakan atas nama RSPAU. dr. S. Hardjolukito mengucapkan terima kasih atas bantuan kepada tenaga medis ini.  RSPAU. dr. S. Hardjolukito, ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan covid sehingga membutuhkan bantuan alat kesehatan yang cukup banyak.

“Bantuan yang diberikan saat ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan bagi tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam melawan wabah Covid-19. Hal ini juga menjadi motivasi kami untuk berjuang menyembuhkan pasien-pasien yang terpapar covid - 19," kata Letkol Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement