YIA Sosialisasikan Protokol Covid-19 lewat TikTok

YIA Sosialisasikan Protokol Covid-19 lewat TikTokVideo Tangkapan Layar sosialisasi dengan TikTok oleh Bandara YIA. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo\\n\\n
08 Juni 2020 18:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Jelang penerapan new normal, Yogyakarta International Airport (YIA) terus menyosialisasikan upaya pencegahan Covid-19. Hanya kali ini sosialisasi yang mereka lakukan tak biasa, yakni melalui video TikTok.

Pada video Tiktok itu, YIA mengajak masyarakat ikut melakukan pencegahan Covid-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak atau physical distancing saat duduk atau mengantre, memberikan salam tanpa bersentuhan atau bersalaman langsung, memencet tombol lift dengan siku dan menjaga jarak saat di lift dengan tanda yang telah dibuat, serta menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan.

“Sosialisasi pencegahan Covid-19 dengan video TikTok ini biar cepat dipahami oleh masyarakat, jelang new normal,” kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA PT Angkasa Pura I Agus Pandu Purnama, Senin (8/6/2020).

Selain itu Angkasa Pura juga telah menerbitkan protokol baik untuk petugas, pramusaji, kasir, juru masak. Lalu protokol untuk perkantoran atau ruang usaha. Protokol tata cara pelayanan. Protokol untuk pengunjung. Metode untuk penjualan atau transaksi, pengiriman dan penerimaan barang, hingga protokol pengelolaan atau penanganan sampah, limbah.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) DIY,Kepala BPS DIY, Heru Margono mengatakan pada April 2020, jumlah kedatangan penumpang angkutan udara ke DIY, baik melalui Bandara Adisutjipto dan YIA secara keseluruhan tercatat sebanyak 30.704 orang yang seluruhnya merupakan penumpang penerbangan domestik.

Dari angka tersebut, kata dia, ada penurunan penumpang datang sebesar 83,77% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Dari seluruh kedatangan penumpang angkutan udara di DIY, sebanyak 3.035 orang penumpang 9,88% melalui Bandara Adisutjipto dan 27.669 orang penumpang atau 90,12% melalui Bandara YIA.

“Keberangkatan penumpang pada April 2020 tercatat sebanyak 50.633 orang penumpang, seluruhnya penumpang penerbangan domestik. Dalam hal ini terjadi penurunan keberangkatan penumpang sebesar 79,62% dibandingkan bulan sebelumnya. Penumpang yang berangkat dari Bandara Adisutjipto sebanyak 4.994 orang penumpang atau 9,86%, dan dari Bandara YIA sebanyak 45.639 orang penumpang 90,14%,” ucapnya.