Advertisement

Diperpanjang, KLB Tetap Layani 3 Rute

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 09 Juni 2020 - 13:07 WIB
Arief Junianto
Diperpanjang, KLB Tetap Layani 3 Rute Foto ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Kereta Api Indonesia memperpanjang operasi Kereta Api Luar Biasa (KLB) hingga 11 Juni 2020. Di wilayah Daerah Operasional (Daop) 6, KLB yang dioperasikan meliputi tiga rute.

Manajer Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto mengatakan ketiga rute itu masing-masing adalah Gambir-Surabaya Pasarturi Lintas Selatan (PP); Gambir-Surabaya Pasar Turi Lintas Utara (PP); dan Bandung-Surabaya Pasar Turi (PP). “Perjalanan KLB dari arah Surabaya hanya akan beroperasi setiap tanggal ganjil, dan KLB dari arah Jakarta dan Bandung akan beroperasi setiap tanggal genap,” ucap dia, Selasa (9/6/2020).

Advertisement

Eko menambahkan masyarakat sudah diperbolehkan menggunakan KLB tersebut mulai 8 Juni 2020 asalkan melengkapi syarat dan ketentuan yang berlaku. Bagi calon penumpang yang hendak membeli tiket KLB, wajib bebas dari Covid-19 dengan menunjukkan hasil PCR test atau rapid test yang negatif dan masih berlaku.

Eko menjelaskan petugas di stasiun akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen calon penumpang sebelum diizinkan membeli tiket. “Khusus bagi calon penumpang dari dan menuju DKI Jakarta, diharuskan punya Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta. Selain itu penjualan tiket hanya dilakukan di stasiun keberangkatan mulai H-2 keberangkatan dan tidak dapat diwakilkan,” ucap dia.

Guna mencegah penyebaran Covid-19 KAI membatasi kapasitas angkut hanya menjual 50%. Tempat duduk dari kapasitas kereta, membuat tanda batas antre dan marka pada tempat duduk di stasiun maupun di atas KA untuk menerapkan physical distancing, menyediakan alat pengukur suhu badan, ruang isolasi, pos kesehatan, hand sanitizer, memasang wastafel di stasiun, rutin membersihkan fasilitas kereta dan fasilitas ruang tunggu di stasiun dengan desinfektan. “Serta memasang poster poster gambar imbauan cara hidup bersih dan sehat di stasiun.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terus Jajaki Sejumlah Parpol jelang Pilkada 2024, Heroe Poerwadi Sebut Kantongi Nama Wakil

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement