Advertisement

Tak Seramai Tahun Lalu, Ini Dia Kegiatan selama Peh Cun

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 24 Juni 2020 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Tak Seramai Tahun Lalu, Ini Dia Kegiatan selama Peh Cun Ilustrasi perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis, Bantul. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan Peh Cun tahun ini diperkirakan tidak begitu meriah. Perayaan Peh Cun kali ini hanya akan diisi dengan agenda sembahyang di Pantai Parangtritis pada Rabu (24/6/2020) malam dan Kamis (25/6/2020), tanpa disertai dengan berbagai kegiatan budaya lain.

Humas Jogja Chinese Art and Culture Center (JCACC), Bekti mengatakan tidak adanya berbagai kegiatan budaya lain sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Hal tersebut sejalan dengan anjuran pemerintah untuk physical distancing.

Advertisement

Biasanya, pada malam Peh Cun dilakukan sembahyang bersama di pintu atau yang dianggap titik paling kuat untuk bersembahyang. Biasanya pula saat itu digelar permainan samsie dan liong di sekitar api unggun dekat pintu tersebut. "Kami [JCACC] akan gelar sembahyang nanti malam pukul 24.00 WIB, sedangkan paguyuban dan perorangan lainnya akan menggelar sembahyang pada Kamis pagi," kata dia.  

Pada hari pelaksanaan Peh Cun, digelar panggung hiburan atau kesenian rakyat, bazar, serta permainan samsie dan liong. Sudah beberapa kali juga diselenggarakan lomba lion dance open nasional, lalu juga dilakukan sembahyang yang dihadiri kelompok dari luar Jogja, prosesi mendirikan telur bersama, serta lomba perahu naga, biasa di tempat terpisah dan waktu lain yang ditetapkan.

“Tahun ini hanya sembahyang. Tidak ada kegiatan lain, dan hanya dilakukan oleh paguyuban tertentu secara terpisah atau sendiri-sendiri. Untuk membatasi jumlah orang berkumpul, sesuai anjuran pemerintah,” ucap Bekti, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement