Advertisement

Penumpang Pesawat dan KA Lokal Meningkat

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 23 Juni 2020 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Penumpang Pesawat dan KA Lokal Meningkat Penumpang KA Sritanjung menggunakan face shield berangkat melalui Stasiun Lempuyangan, Jogja, Jumat (12/6/2020) pagi. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jumlah penumpang di Yogyakarta International Airport (YIA) mulai mengalami peningkatan menjelang pemberlakuan new normal.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA PT Angkasa Pura I Agus Pandu Purnama mengatakan beberapa waktu terakhir mulai ada peningkatan jumlah penumpang di YIA cukup signifikan. “Mulai ada peningkatan, terutama weekend sudah sampai 2.400-an penumpang sehari. Cukup signifikan dibanding bulan lalu. Mungkin beberapa waktu lalu 400-an penumpang, jadi bisa dibandingkan,” ujar Pandu, Selasa (23/6/2020).

Advertisement

Pandu mengatakan untuk rute yang mendominasi yaitu tujuan Jakarta, melalui Bandara Soekarno Hatta atau Bandara Cengkareng dan juga bandara Halim Perdanakusuma. Selain itu mulai banyak pergerakan ke Balikpapan, Ujung Pandang, Banjarmasin.

“Sedang dijajaki juga Pontianak, sebenarnya bagus. Saat ini belum ada, masih pertemuan-pertemuan dan evaluasi. Lombok bagus juga sebenarnya, Batam. Harapannya nanti seluruh rute ada terhubung dengan YIA,” katanya.

Dia mengatakan protokol pencegahan penularan Covid-19 selalu diterapkan. Termasuk juga kepatuhan pada Notice of Airport Capacity (NAC) yang saat ini dibatasi baru 35% per jam. “Harapan kami ada kenaikan lagi untuk NAC, sehingga maskapai bisa memanfaatkan kuotanya,” ujarnya.

Kereta Api

Sementara untuk kereta api (KA) lokal, Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 6, Eko Budiyanto mengatakan saat ini peningkatan penumpang baru pada KA Lokal Prameks, sementara untuk KA jarak jauh dinilai penumpang masih sedikit. “Prameks rata-rata penumpang hampir penuh dari kuota yang ada yaitu 70 persen dari kapasitas. Sementara KA jarak jauh masih sangat sedikit,” kata Eko.

Eko menambahkan dimungkinkan peningkatan jumlah penumpang KA lokal karena beberapa kantor sudah mulai menerapkan kerja di kantor. “Orang-orang yang kerja mungkin sudah harus ke kantor, jadi ada peningkatan penumpang. Ada permintaan-permintaan juga untuk menambah jumlah perjalanan kereta lokal,” ujarnya.

Dia mengatakan protokol pencegahan Covid-19 pun terus dijalankan. Beberapa di antaranya, wajib menggunakan face shield untuk penumpang KA jarak jauh, serta disarankan juga bagi penumpang untuk mengenakan pakaian lengan panjang, maupun celana panjang.

Selain itu dikatakan protokol lain seperti pengecekan suhu tubuh, kewajiban mengenakan masker, physical distancing selalu diterapkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BPBD DIY Mewaspadai Lonjakan Pembuangan Sampah ke Sungai Imbas TPA Piyungan Ditutup

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement