Olifant Gelar Wisuda secara Virtual

Olifant Gelar Wisuda secara VirtualTangkapan layar prosesi Live Streaming Virtual Graduation 2020 yang digelar Olifant School, Sabtu (20/6). - Istimewa/Olifant School\\n
24 Juni 2020 18:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Olifant School memiliki cara yang tidak biasa dalam memberikan apresiasi kepada lulusan angkatan ini dengan menyelenggarakan Live Streaming Virtual Graduation 2020, Sabtu (20/6/2020).

Acara itu dilaksanakan dalam tiga sesi berbeda yaitu, wisuda untuk lulusan Olifant High School-Junior atau kelas IX SMP Olifant pada pukul 09.00-10.00 WIB; wisuda untuk lulusan Olifant Elementary atau kelas VI SD Olifant pada pukul 11.00-13.00 WIB; dan wisuda untuk lulusan Olifant Kindergarten atau TK B pada pukul 15.00-17.00 WIB

Head of Creative and Program Development  Olifant School, Mariana Hastuti mengatakan tahun ini Olifant School mewisuda 124 siswa yang terdiri dari 65 wisudawan level Kindergarten; 41 wisudawan level Elementary; dan 18 wisudawan level Junior High School.

Dia mengatakan acara wisuda tersebut unik karena dikemas dalam bentuk virtual interaktif yang disiarkan langsung dari studio broadcasting Olifant High School dengan menggunakan media meeting room online interaktif serta disiarkan langsung melalui live streaming channel Youtube Olifant.

Prosesi graduation dilaksanakan dengan melibatkan anak anak dan orang tua di rumah. “Ketika petugas memanggil wisudawan dari studio broadcasting Olifant School, orang tua sebagai guru dan pendamping bagi anak anak selama pembelajaran jarak jauh melakukan prosesi pemindahan samir tali toga dan ditampilkan melalui kamera interaktif sehingga dapat disaksikan oleh seluruh peserta wisuda,” kata Mariana, Rabu (24/6/2020).

Rangkaian acara graduation ini bukan hanya dilakukan pada hari wisuda tetapi sudah dimulai beberapa hari sebelumnya, salah satunya pengiriman hampers khusus berisi perlengkapan wisuda, yang dikirimkan langsung oleh guru Olifant School ke rumah masing-masing dari para wisudawan.

Video Anak

Selain menggelar prosesi wisuda melalui interaktif secara live streaming, dalam acara ini juga ditampilkan berbagai perspektif positif dari para siswa tentang situasi physical distancing dan menghadapi pandemi.

Perspektif anak-anak ini dituangkan dalam video bertajuk The Inspiration from Pandemi. Dalam video itu, mereka bercerita tentang siapa pahlawan bagi mereka di masa pandemi; hal positif apa yang dialami selama pandemi; serta ide dan tindakan sederhana yang dapat dilakukan oleh anak-anak ke lingkungan. “Hasil video anak anak sangat luar biasa, kreatif dan menginspirasi,” kata Mariana.

Diakhir acara orang tua menerima kiriman video rekaman singkat perjalanan anak-anak selama bersekolah di Olifant School secara personal dan karya ucapan terimakasih dari anak-anak ke orang tua.

Hal lain yang membuat acara graduation ini berkesan, unik kepada orang tua dan anak-anak adalah komitmen orangtua dan anak-anak untuk melakukan persiapan di rumah masing-masing, hingga mempersiapkan dekorasi sederhana yang sangat kreatif dari rumah masing-masing. “Walaupun tidak dapat bertemu secara langsung, namun graduation ini tetap dapat berlangsung dengan khidmat,” ucap dia.