Ini Dia 3 Orang Kandidat Deputi Gubernur BI yang Ikuti Uji Kelayakan

Ini Dia 3 Orang Kandidat Deputi Gubernur BI yang Ikuti Uji KelayakanIlustrasi Bank Indonesia. - Harian Jogja
07 Juli 2020 16:27 WIB Fahmi Achmad Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap tiga nama pejabat internal Bank Indonesia, Selasa (7/7/2020).

Ketiga orang itu merupakan kandidat Deputi Gubernur Bank Indonesia yang diusulkan Presiden Joko Widodo untuk dipilih DPR. Salah satu dari ketiga calon tersebut akan terpilih untuk menggantikan Erwin Rijanto yang masa jabatannya berakhir 17 Juni 2020.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hatari mengatakan proses fit and proper test para calon Deputi Gubernur Bank Indonesia akan digelar selama dua hari hingga Rabu (8/7). Ketiga nama yang mengikuti proses fit and proper test masing-masing adalah Aida S. Budiman, Doni Primanto Joewono, dan Juda Agung. “Ketiga nama tersebut merupakan usulan dari Presiden yang telah disampaikan kepada DPR melalui surat Nomor RXXI/PSIV/2020 perihal usul calon deputi gubernur Bank Indonesia,” kata Hatari, Selasa.

Aida S. Budiman merupakan Asisten Gubernur yang juga Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter. Aida juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Internasional BI.

Sementara Juda Agung masih menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial yang juga Asisten Gubernur. Juda sebelumnya menjabat sebagai Direktur Eksekutif di Dana Moneter Internasional (IMF) yang mewakili 13 negara, termasuk 10 negara Asean, dua negara Pasifik, dan Nepal.

Doni Primanto Joewono saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI dan merupakan Direktur Eksekutif. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Barat dan Kepala Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta.

Sumber : JIBI/Bisnis.com