Kenali BBM Sesuai Kendaraan Bermotormu

Kenali BBM Sesuai Kendaraan BermotormuPengisian bahan bakar. - Istimewa/Pertamina
13 Agustus 2020 17:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Masyarakat dinilai masih banyak yang belum memahami jenis bahan bakar minyak (BBM) yang sesuai dengan jenis kendaraan yang dimilikinya.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT), Anna Yudhisatusi menjelaskan untuk mengetahui bahan bakar yang sesuai, setiap pemilik kendaraan harus mengetahui terlebih dahulu jenis mesin yang digunakan. “Apakah kendaraan tersebut menggunakan mesin diesel atau mesin bensin, khususnya untuk kendaraan mobil. Sementara untuk sepeda motor umumnya menggunakan mesin bensin,” ucap Anna, melalui siaran pers, Kamis (13/8/2020).

Untuk itu Pertamina telah membagi BBM yang diproduksi ke dalam dua jenis, yaitu gasolin untuk kendaraan mesin bensin dan gasoil untuk mesin diesel. “Produk jenis gasolin hadir dengan merek Pertamax Series. Sementara untuk produk gasoil hadir dengan merek Dex Series. Kedua merek BBM tersebut merupakan kualitas terbaik di masing-masing kelasnya,” kata dia.

Dia menjelaskan Pertamax Series terbagi menjadi dua produk, yakni Pertamax dan Pertamax Turbo. Berdasarkan poin Research Octan Number (RON),  kedua produk tersebut bisa dibilang merupakan gasolin terbaik. “Pertamax memiliki nilai RON 92, sementara Pertamax Turbo merupakan produk gasolin dengan RON tertinggi yaitu 98. Semakin tinggi kandungan oktannya, maka semakin baik kualitas BBM dan performa yang akan dihasilkan oleh mesin,” ucap Anna.

Selain itu, Pertamax Series merupakan produk yang ramah lingkungan karena kandungan sulfur yang rendah. Dengan begitu buangan gas emisi dengan karbon lebih sedikit.

Kandungan sulfur pada Pertamax, kata Anna, maksimal 500 ppm, sementara kandungan sulfur Pertamax Turbo tidak lebih dari 50 ppm dengan kata lain setara Euro IV.

Berbeda dengan gasolin yang kualitasnya didasarkan pada RON, kualitas gasoil dapat diukur dari nilai Cetane Number (CN) produknya. “Dexlite memiliki CN 51, sementara produk gasoil dengan CN tertinggi adalah Pertamina Dex atau Pertadex dengan nilai 53,” kata dia.

Semakin tinggi kadar CN produk gasoil, imbuh Anna, maka semakin baik juga kualitas dan kinerja mesin yang menggunakan bahan bakar tersebut. Sama halnya dengan produk dari Pertamax Series, kedua produk Dex Series juga mampu menghasilkan performa yang lebih optimal untuk kendaraan mesin diesel yaitu lebih bertenaga serta ramah lingkungan. “Kandungan sulfur Pertamina Dex tidak lebih dari 300 ppm sementara Dexlite adalah maksimal 1.200 ppm,” ucap Anna. “Untuk itu Pertamax cocok digunakan oleh hampir seluruh kendaraan bermotor keluaran terkini atau modern. Sementara Pertamax Turbo cocok untuk digunakan oleh kendaraan tipe sport, baik mobil maupun sepeda motor,” ucapnya

Selain kedua produk Pertamax Series tersebut, Pertamina juga memiliki produk gasolin Pertalite dengan nilai RON 90. Pertalite merupakan produk yang dihadirkan untuk masyarakat yang masih menggunakan kendaraan keluaran lama.

Anna mengimbau kepada masyarakat agar memilih bahan bakar yang tidak hanya sesuai dengan jenis kendaraan, tetapi juga telah memenuhi standar lingkungan yang berlaku di Indonesia. Di mana saat ini sudah mengarah kepada standar emisi kendaraan Euro IV, sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) LHK No. 20/Setjen/Kum.1/3/2017 tanggal 10 Maret 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O.