Advertisement

Dibuka, Program Hibah Modal Usaha Rp2 Miliar untuk Wirausaha Muda. Begini Cara Daftarnya...

Newswire
Minggu, 16 Agustus 2020 - 20:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dibuka, Program Hibah Modal Usaha Rp2 Miliar untuk Wirausaha Muda. Begini Cara Daftarnya... Tangkapan layar saat Kick Off dan Jumpa Pers DSC XI BikinGebrakan secara virtual, Jumat (14/8/2020). - Solopos/Tika Sekar

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Program hibah modal usaha dan pendampingan bisnis bagi wirausaha muda atau pemula di Indonesia yang bernama Diplomat Success Challenge (DSC) XI atau DSC XI resmi dibuka Jumat (14/8/2020). 

Penyelenggara menyiapkan total Rp2 miliar dana untuk modal usaha peserta dengan ide bisnis terbaik. Selain modal, para pemenang juga bakal mendapat pendampingan usaha hingga dua tahun untuk memastikan ide bisnis berjalan.

Advertisement

Program Initiator DSC, Edric Chandra, mengatakan DCS di ajang ke-11 atau XI tampil dengan konsep beda di tengah pandemi Covid-19. Penyelenggara mengombinasikan konsep virtual dan offline.

Lewat ajang ini, penyelenggara mengajak para pengusaha muda atau pemula untuk berkreasi membuat ide bisnis yang tidak biasa. Dengan mengusung tema #BikinGebrakan, DSC XI menawarkan wadah bagi wirausaha untuk bangkit kembali setelah diterpai badai pandemi.

Baca Juga: Tambah 33 Orang, Kasus Positif Corona DIY Tembus Angka Seribu

“Tahun ini DSC XI tetap hadir. DSC XI ingin memenuhi komitmen sejak 2010 menciptakan ekosistem wirausaha Indonesia apa pun tantangannya. DSC XI tidak hanya memberi modal usaha, tapi pendampingan selama dua tahun. Juga mengajak peserta untuk masuk dalam ekosistem wirausaha hebat di Indonesia dalam jaringan Diplomat Entrepreneur Network,” kata Edric, saat berbicara di Kick Off dan Jumpa Pers DSC XI secara virtual, Jumat (14/8/2020).

Dia menjelaskan selama 10 tahun DSC berjalan, banyak hal telah dihasilkan melalui program ini. Selama kurun waktu satu dekade itu, penyelenggara menerima 48.633 proposal bisnis yang merepresentasikan banyaknya wirausaha potensial Tanah Air.

Menjadi Recovery System

Selanjutnya, Rp15 miliar dana telah digulirkan untuk memodal wirausaha hingga sukses menciptakan peluang bisnis. DSC juga mendorong terciptanya 300 jaringan wirausaha yang menjadi tempat bertemunya para wirausaha potensial.

Di tengah pandemi Covid-19, peran DSC kian besar. DSC mampu mendorong wirausaha yang sebelumnya terpuruk untuk bangkit, bahkan menciptakan ide bisnis baru yang sejalan dengan perkembangan terkini.

“DSC XI #BikinGebrakan adalah recovery system yang mendukung pemerintah Indonesia untuk menggerakkan perekonomian,” imbuh dia.

Edric menambahkan kehadiran program ini mendorong lebih banyak masyarakat berdaya dengan berwirausaha. Berdasarkan catatan penyelenggara, jumlah peserta program ini selalu bertambah dari tahun ke tahun.

Pada 2019, ada 12.457 ide bisnis yang masuk ke panitia untuk dipilih. Dari jumlah itu 24 persen merupakan bisnis yang sudah jalan, sedangkan 76 persen adalah bisnis baru atau masih dalam tahap konsep. “DSC sangat terbuka dengan kondisi itu [ide bisnis baru konsep]. Kami siap menjadi fasilitator,” ujarnya.

Edric juga mengungkap fakta mengenai potensi wirausaha wanita. Saat ini komposisi peserta makin seimbang, dengan persentase wanita 46 persen dan pria 54 persen. Sebelumnya, pada 2018, proporsi peserta pria dan wanita adalag 61 persen dan 39 persen.

Dibuka Hingga 19 Oktober

Tahapan DSC XI dimulai dengan mendaftar atau submit dan mengirimkan proposal bisnis pada 19 Agustus-19 Oktober 2020, melalui website www.diplomatsukses.com. Dari proposal bisnis yang masuk, juri DSC XI akan menyeleksi 1.000 proposal bisnis paling potensial.

Baca Juga: Jokowi Unggah Foto Sepeda Kreuz, Ini Sejarah dan Harganya

Dari jumlah itu, juri akan mengerucutkannya menjadi 150 proposal. Seleksi proposal bisnis dipusatkan di tiga kota besar di Indonesia. Jika lolos tahap seleksi, wirausahawan dengan ide bisnis pilihan juri akan melaju ke tahap inkubasi.

Tahap berikutnya market challenge dan final. Di tahap final inilah, juri akan memilih wirausaha dengan ide bisnis paling menarik untuk mendapatkan hibah modal usaha.

Dalam kick off DSC XI hadir pula tiga Dewan Komisioner DSC XI. Mereka adalah Surjanto Yasaputra, Antarina S.F. Amir, dan Helmi Yahya.

Surjanto mengatakan DSC XI tetap hadir di tengah pandemi sebab ajang ini akan mewadahi para wirausahawan potensial untuk berkembang. “Kami meningkatkan konten dalam DSC XI. Diharapkan wirausahawan lebih berprestasi. Wirausahawan bergerak, ekonomi cepat pulih,” tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement