Berbisnis Franchise Punya Banyak Keuntungan lho... Apa Saja?

Berbisnis Franchise Punya Banyak Keuntungan lho... Apa Saja?Ilustrasi uang. - Bisnis/ Paulus Tandi Bone
31 Agustus 2020 11:27 WIB Newswire Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pada masa pandemi Covid-19, tidak sedikit orang yang ingin membuka bisnis karena mengalami pemutusan hubungan kerja. Dalam dunia bisnis, terdapat berbagai macam pilihan bisnis salah satunya adalah bisnis franchise atau waralaba.

Bisnis franchise memiliki banyak keuntungan dan minim risiko. Franchise adalah peluang usaha dengan brand yang sudah terbentuk, nama, konsep hingga promosi sudah tersedia. Bisnis ini membuat seolah brand atau produk tersebut memiliki banyak cabang. Sebagai contoh franchise Indomaret, McDonald’s, KFC, dan masih banyak lagi. Merek franchise tersebut miliki kualitas yang dapat dipercaya oleh pelanggannya.

Namun sebelum Anda memulai bisnis franchise, Anda perlu mengetahui bagaimana sistem franshice bekerja, apa saja keuntungan ketika menjalankannya, dan juga jenis franchise apa yang sudah dikenal dan memberi keuntungan.

Setiap usaha atau bisnis pasti memiliki risiko, begitu pula dengan usaha franchise. Namun sistem franchise memiliki keuntungan lebih jika dibandingkan bisnis lainnya, salah satunya tak perlu memulai usaha dari nol, apalagi merek yang digunakan sudah terkenal, yang mana berdampak pada keuntungan.

Baca Juga: Curi HP Mantan Pacar Agar Tahu Isi Chat Dugaan Perselingkuhan, Pria Gunungkidul Dipolisikan

Berikut ini adalah beberapa keuntungan berbisnis franchise:

1. Memulai lebih cepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memulai bisnis franchise jauh lebih cepat karena merk dagang sudah memiliki nama dan strateginya. Biasanya pemilik franchise akan memberikan SOP ataupun persyaratan untuk menjalankannya.


2. Mendapat dukungan tim

Bisnis franchise biasanya sudah memiliki management yang baik dan selalu siap mensupport mitra. Seperti contohnya Franchise Ai Boba, bisnis boba yang sedang kekinian dan banyak disukai milenial ini memiliki tim yang ramah dan professional. Sehingga Anda yang baru pertama kali berbisnis tak perlu khawatir akan mengalami kesulitan


3. Brand/merek sudah terkenal

Membangun bisnis dan memperkenalkannya ke masyarakat tentu membutuhkan waktu yang tak sebentar. Bisa jadi Anda butuh waktu bertahun-tahun untuk melakukannya. Berbeda jika Anda membuka franchise dengan brand yang sudah terkenal, akan lebih mudah bagi konsumen untuk mengenal dan menilai kualitas produk tersebut.

4. Kemudahan memperoleh untung

Usaha yang dibangun dari nol kebanyakan akan mengalami kerugian, karena produk mereka yang belum terkenal sehingga konsumen yang dimiliki berjumlah sedikit. Namun, dengan berbisnis franchise Anda akan mudah mendapat keuntungan karena produk tersebut sudah memiliki banyak konsumen.

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus siap menghadapi risiko yang akan datang. Keberhasilan bisa Anda raih dengan ketekunan dan kerja keras. Semoga bermanfaat!

Sumber : suara.com