UMKM Mitra Grab, Gojek, Tokopedia & Shopee Bisa Ajukan KUR BRI

UMKM Mitra Grab, Gojek, Tokopedia & Shopee Bisa Ajukan KUR BRIWarga mengorder ojek online di Jakarta. - Bisnis/Abdurahman
25 September 2020 20:27 WIB M. Richard Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Ribuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi mitra perusahaan startup unicorn, Grab, Gojek, Tokopedia dan Shopee bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI.
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mengklaim KUR BRI telah dapat diakses oleh mitra startup e-commerce dan ride hailing. Sejak Mei 2020, Bank BRI pun telah menjadi salah satu enabler di industri digital di Indonesia membuka akses pengajuan KUR lewat channeling online.

Saat ini, Bank BRI telah mencatat terdapat 5.898 UMKM mitra Grab, Gojek, Tokopedia dan Shopee yang telah mengajukan pinjaman KUR melalui portal KUR BRI.

Adapun, merchant UMKM mitra dari startup unicorn tersebut dapat mengakses KUR digital BRI dengan mudah dan mendaftarkan usahanya di microsite https://kur.bri.co.id. Selanjutnya, calon debitur akan menemukan opsi Pinjaman E-Commerce. 

Langkah terakhir adalah mendaftar atau login terlebih dahulu dengan membuat akun di laman tersebut. Selanjutnya, tinggal mengikuti prosedur yang ada untuk melanjutkan pengajuan KUR BRI.

Agar Bertahan

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari sebelumnya mengungkapkan fokus perusahaan saat ini diarahkan untuk menolong dan mendukung UMKM agar bertahan dan mampu bangkit dari tekanan dampak pandemi Covid-19, salah satunya melalui akselerasi penyaluran KUR secara digital.

“Melalui inisiatif ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR serta meningkatkan penyerapan KUR. Sehingga kami dapat membantu UMKM untuk terus bertahan di masa pandemi dan usahanya kembali bangkit," ujar Supari.

Selain memacu penyaluran KUR, langkah tersebut juga sebagai respons atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Sumber : JIBI/Bisnis.com