Advertisement

Menkeu Yakin Ekonomi Indonesia Segera Masuk Zona Positif

Edi Suwiknyo
Kamis, 05 November 2020 - 18:27 WIB
Maya Herawati
Menkeu Yakin Ekonomi Indonesia Segera Masuk Zona Positif Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Kondisi perekonomian Indonesia dipercayai akan masuk ke zona positif setelah terbalik pada kuartal III/2020. Keyakinan ini diutarakan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Menkeu juga menyebut bahwa tren tersebut telah mengangkat ek nomi Indonesia dari zona terburuk yang terjadi selama kuartal II/2020 sebesar 5,32%.

Advertisement

"Ini menunjukkan bahwa proses pemulihan ekonomi dan pembalikan arah atau turning point dari aktivitas aktivitas ekonomi nasional menunjukkan ke arah zona positif," kata Sri Mulyani, Kamis (5/11/2020).

Sri Mulyani mengatakan bahwa seluruh komponen pertumbuhan ekonomi baik dari sisi pengeluaran maupun dari sisi produksi mengalami perbaikan kinerja. Hal ini didorong oleh peran stimulus fiskal atau peran dari instrumen APBN di dalam penanganan pandemi Covid-19 dan program pemulihan ekonomi nasional.

Penyerapan belanja negara menjadi salah satu penopang pertumbuhan kuartal III/2020. Belanja negara mengalami akselerasi atau peningkatan pada triwulan ketiga ini sampai dengan akhir september yaitu tumbuh 15,5%.

Badan Pusat Statistik (BPS), lanjut Sri Mulyani, mengonfirmasi percepatan realisasi belanja negara yang meningkat sangat pesat pada kuartal III/2020 telah membantu peningkatan pertumbuhan konsumsi pemerintah sebesar 9,8% year-on-year.

"Angka pertumbuhan 9,8 persen dari konsumsi pemerintah meningkat sangat tajam apabila dibandingkan kuartal II/2020 yang mengalami negatif minus 6,9 persen melonjak menjadi tumbuh positif 9,8 persen," jelas Sri Mulyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement