Dorong Ekspor, DIY Gelar Jogja Premium Export Virtual Expo

Dorong Ekspor, DIY Gelar Jogja Premium Export Virtual ExpoJogja Premium Export 2020 Virtual Expo - Istimewa
13 November 2020 20:57 WIB Ajijah & Sunartono Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY menyelenggarakan rangkaian acara Jogja Premium Export 2020 Virtual Expo, Kamis (12/11/2020) hingga Minggu (15/11/2020). Jogja Premium Export 2020 Virtual Expo merupakan pameran virtual yang menampilkan produk kreatif berkualitas ekspor dari Provinsi DIY dengan mengusung tema Jogja Creative Products For Global Opportunities.

"Jogja Premium Expo dikenal sebagai ruang show untuk produk berkualitas ekspor oleh IKM DIY yang berhasil menembus pasar ekspor. Untuk mempertahankan eksistensi brand Jogja Premium Ekspor agar makin dikenal kiranya perlu dilakukan secara berkelanjutan dan kampanye brand tersebut," kata Kepala Disperindag DIY Aris Riyanta dalam pembukaan, Kamis (12/11/2020).

BACA JUGA : JEC Disulap Jadi Pusat Ekonomi Baru, BPKA DIY: Sudah Ada

Untuk hadir di pameran virtual ini, pengunjung atau calon buyer dapat melaksanakan registrasi melalui laman www.jogjapremium.com. Pameran virtual ini dilaksanakan setiap pukul 10.00 – 20.00 WIB. "Karena masa pandemi digelar secara virtual," kata Aris.

Pandemi di Indonesia yang terjadi sejak Maret 2020 telah menyebabkan hampir semua bidang usaha terpengaruh dan terdampak serta menjadikan pergerakan ekonomi semakin lambat. Salah satunya di bidang ekspor. Pameran Jogja Premium Export 2020 ini digelar untuk memberikan dukungan kepada IKM di Yogyakarta yang memiliki produk berkualitas ekspor dalam melaksanakan promosi dan menunjukkan eksistensinya kepada dunia.

"Acara ini untuk memberikan peluang kepada IKM untuk menunjukkan eksistensinya di masa pandemi sekaligus untuk memberikan edukasi dalam meningkatkan strategi pemasaran melalui digital marketing. Serta memfasilitasi produk ekspor untuk diperkenalkan melalui pameran virtual dan memberikan dampak positif ke arah peningkatan ekonomi," ujar mantan Kepala Dinas Pariwisata DIY ini.

Pelaku usaha di bidang produk premium berkualitas ekspor dapat bertemu dan berinteraksi secara virtual melalui platform Jogja Premium Export 2020 Virtual Expo dengan menggunakan fasilitas yang ada, sehingga serasa datang ke pameran secara langsung. Terdapat fasilitas chatting, telepon maupun video call untuk berinteraksi dengan penjaga stand.

Pengunjung dapat memilih produk yang ditampilkan oleh peserta pameran secara virtual, mendapatkan brosur maupun daftar harga produk pada saat mengunjungi booth virtual yang ada.

BACA JUGA : Pemda DIY Akan Bangun Mal di JEC, Begini Konsepnya

Premium Export 2020 Virtual Expo menampilkan 50 IKM produk kreatif berkualitas ekspor asal DIY yang dikelompokkan dalam 5 kategori produk yaitu Furniture, Home Deco, Fashion, Craft dan Food Beverage.

Selain menikmati pameran, pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam berbagai rangkaian acara di antaranya talk show, promosi dan pengenalan produk ekspor, story pengembangan produk ekspor daerah, bincang tokoh, virtual fashion show dan hiburan dari artis nasional di antaranya Band D’Masiv dan Shaggy Dog.

Untuk acara talk show akan dilaksanakan setiap jam 15.30 – 17.00 setiap harinya dan dapat diikuti secara live di website maupun bergabung melalui platform webinar.

Untuk bincang tokoh dilaksanakan bersama Ketua Forum Kerajinan dan Seni (FORMEKERS) Provinsi DIY, Jhoni Sahlan. Sedangkan untuk acara promosi dan pengenalan produk premium berkualitas ekspor dilaksanakan secara simultan terjadwal oleh para seller.

BACA JUGA : Butuh Rp1,2 Triliun, JEC Akan Dibangun Kampus

Acara lainnya, yaitu virtual fashion show akan dilaksanakan setiap jam 17.00 – 17.30 dengan menghadirkan produk fashion berkualitas lebih dari 20 fashion desainer.

Berikut jadwal lengkap talk show yang akan dilaksanakan pada pameran virtual:
Kamis (12/11/2020):
Arif Hidayat / Wakil Kepala Perwakilan RI di Riyadh, Arab Saudi
Judul : Peluang Pasar Saudi Arabia
Ir. Aris Riyanta, M.Si/ Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY
Judul : Potensi Industri dan Perdagangan DIY
Ida Ayu Wayan Gotami/ GM. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Yogyakarta
Judul : Peran Garuda Indonesia dalam logistik produk Ekspor

Jumat (13/11/2020):
Dr. Ir. Kasan, M.M./ Dirjen PEN, Kementrian Perdagangan RI
Judul : Strategi Pengembangan Pasar Dubai dan Melbourne
Dr. Timbul Raharjo/ Ketua ASMINDO DIY
Judul : Peluang dan Tantangan Pasar Export Untuk Produk Furnitur DIY

Sabtu (14/11/2020):
Ayu Siti Maryam/ ITPC Sidney
Judul : Peluang Ekspor di Australia
Bambang Wijaya / Dekor Asia
Judul : Success Story Pasar Australia

Minggu (15/11/2020):
Robby Kusuma Harta / Ketua Dewan Penasehat Kadin DIY
Judul : Strategi Menembus Pasar Global
Heny Rusmiyati / ITPC Dubai
Judul : Peluang Ekspor di Dubai

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia