HUT KE-9 OJK: OJK DIY Berkomitmen Dorong Perekonomian dan Inklusi Keuangan

HUT KE-9 OJK: OJK DIY Berkomitmen Dorong Perekonomian dan Inklusi KeuanganKepala OJK DIY, Parjiman (kiri), menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kota Jogja yang diterima langsung Walikota Jogja, Haryadi Suyuti (kanan) di kantornya, Senin (16/11/2020). - Istimewa
17 November 2020 05:57 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya aktif menyusun berbagai program dan kebijakan dalam rangka mendorong percepatan pemulihan perekonomian nasional melalui peran Industri Jasa Keuangan (IJK) dan peningkatan literasi serta inklusi keuangan masyarakat, memasuki usia yang ke-9 pada Minggu (22/11/2020).

Sejalan dengan upaya tersebut, OJK senantiasa meningkatkan kapabilitas untuk membangun sinergi dan kolaborasi yang terintegrasi dengan IJK maupun stakeholders terkait guna meningkatkan peran dan kontribusi OJK sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung.

Selain itu, HUT Ke-9 OJK tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan internal dalam bentuk kompetisi virtual diantaranya Lomba Tari Kreasi Tradisional, Podcast Competition, Lomba Band, Lomba Tik Tok, Lomba Pantun, E-Sport Competition, Juggling Competition, Lomba Yel-yel, Dribble Competition, dan berbagai kegiatan maupun kompetisi lain baik yang melibatkan insan OJK di seluruh Indonesia maupun IJK. Berbagai kompetisi yang diselenggarakan OJK bagi insan OJK bertujuan untuk meningkatkan rasa memiliki organisasi, membentuk karakter insan OJK sesuai nilai-nilai strategis OJK, serta menumbuhkan jiwa dan semangat team building.

HUT OJK yang diselenggarakan tahun ini juga diiringi dengan berbagai kegiatan sosial sebagai aksi kepedulian OJK terhadap masyarakat sejak mewabahnya pandemi Covid 19 sekaligus membangun model sosialisasi yang inklusif dan efektif bagi masyarakat. 

Kepala OJK DIY, Parjiman, menyampaikan bahwa HUT OJK tahun ini sedikit berbeda dari sebelumnya. OJK menunjukkan aksi kepedulian secara langsung kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial diantaranya penyaluran bantuan untuk pembangunan masjid dan mushola serta bantuan untuk penataan area pedestrian di sekitar Kantor OJK DIY. Bantuan sosial OJK ini berasal dari iuran pegawai OJK yang dikumpulkan dan kemudian disalurkan sesuai peruntukannya.

Kegiatan sosial OJK tahun ini diselenggarakan di berbagai Kantor Regional dan Kantor OJK di seluruh wilayah Indonesia. Khusus wilayah DIY, OJK menyalurkan bantuan untuk pembangunan sebuah masjid di daerah Pogung, Sleman, DIY dan mushola di wilayah Berbah, Sleman, DIY. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian OJK terhadap keindahan tatanan wilayah Kota Jogja, pihak OJK memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Jogja berupa pengadaan kursi untuk area pedestrian yang saat ini sedang dibangun, pada area depan Gedung Kantor OJK DIY hingga sepanjang Jalan Jendral Sudirman sampai dengan Tugu Pal Putih Yogyakarta.

“Ini salah satu upaya kami untuk mendukung pemulihan ekonomi DIY dengan turut menjaga serta memunculkan kembali warisan keindahan dan budaya wilayah Jogja,” ucap Parjiman, Senin (16/11/2020).

Pada kesempatan yang sama, Parjiman juga menambahkan bahwa menginjak usia yang ke-9, OJK terus berkontribusi dalam mendukung kemajuan ekonomi di DIY melalui kegiatan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat.

“OJK DIY tentunya akan terus mendorong kegiatan literasi dan inklusi keuangan agar masyarakat khususnya di DIY mendapatkan akses layanan IJK lebih baik. Kami optimis apabila masyarakat telah mendapatkan layanan IJK yang memadai dan sesuai kebutuhan, kinerja sektor jasa keuangan akan kembali menguat dan akan berdampak positif pada perekonomian nasional,” ujarnya.

Sambutan Baik Pemkot Jogja dan Masyarakat

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan OJK. Diharapkan bantuan tersebut dapat bermanfaat selain bagi masyarakat juga dapat membuat branding OJK. “Terima kasih supportnya OJK, rencana saya ada tempat charger juga [di tempat duduk pedestrian],” ucap Haryadi.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, ada tiga hal yang jadi perhatian. Pertama pencegahan, penanganan dan pemulihan ekonomi. Bantuan yang akan di pasang di dekat kawasan Tugu Jogja tersebut diharapkan juga dapat memberi dampak positif khususnya pemulihan ekonomi. Diharapkan wisata semakin nyaman dan banyak yang datang, namun tetap Ia garis bawahi ketaatan pada protokol pencegahan Covid-19 menjadi perhatian utama.

Memasuki usia ke-9, OJK diharapkan tetap jaya memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, terutama yang berkaitan dengan sektor keuangan juga, seperti perbankan, asuransi. “Dalam hal finance dapat menjadi bapaknya, tempat bertanya. Terus berprestasi, berkreasi dan bermanfaat untuk masyarakat maupun sesama institusi baik pemerintah maupun swasta,” ucapnya.

Diharapkannya OJK menjadi tempat edukasi bagi masyarakat terkait keuangan. Masyarakat juga dapat memanfaatkan OJK sebagai tempat bertanya. Baik bertanya terkait investasi atau hal lainnya. Haryadi mengingatkan kepada masyarakat untuk bertanya ke OJK sejak awal, tidak perlu menunggu ada masalah, karena OJK memberikan ruang untuk bertanya.

Ketua panitia pembangunan Masjid Pogung Baru, di Sindudadi, Mlati, Sleman, Haryono Kusumo mengungkapkan bantuan yang diberikan oleh OJK akan dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan masjid yang berdiri di luasan lahan 224m2.

“Kami ucapkan terima kasih kepada OJK. Rencananya akan dibangun dua tingkat, dengan basement jadi tiga. Basement bisa digunakan marbot, atau pun anak-anak TPA. Ibadah di lantai satu dan dua. Setidaknya bisa menampung sekitar 225 orang – 250 orang,” kata Haryono.

Ketua pelaksana pembangunan Musholla Albasyirun, Demangan, Kalitirto, Berbah, Tukiran menyambut baik bantuan yang diberikan oleh OJK. “Bantuan ini untuk melanjutkan pembangunan Musholla, harapannya semakin nyaman dan dapat digunakan generasi-generasi berikutnya,” ucap Tukiran.

Untuk OJK yang memasuki usia ke sembilan diharapkannya juga semakin maju, dan berkembang. Selain itu juga diharapkan OJK dapat semakin memberikan manfaat pada masyarakat. (ADV)