Jogja dan Semarang Jadi Rute Favorit Kereta Api pada Libur Nyepi dan Isra Mikraj

Jogja dan Semarang Jadi Rute Favorit Kereta Api pada Libur Nyepi dan Isra MikrajSejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara
11 Maret 2021 13:27 WIB Anitana Widya Puspa Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Penumpang kereta api jarak jauh meningkat pada libur hari keagamaan Isra Mikraj dan Hari Raya Nyepi. Jogja dan Semarang menjadi dua relasi tujuan utama penumpang Kereta Api Jarak Jauh menghabiskan libur panjang ini.

VP Public Relation KAI Joni Martinus mengatakan pada akhir pekan ini untuk periode 10 Maret 2021 hingga 14 Maret 2021, KAI mengoperasikan 460 KA Jarak Jauh atau meningkat sebesar 9 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Pada pekan sebelumnya, lanjutnya, KAI hanya mengoperasikan 421 KA Jarak Jauh.

Langkah peningkatan ini, tekannya, bertujuan untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan masyarakat yang akan menggunakan kereta api.

Baca juga: ASN DIY Dilarang ke Luar Kota, Sekda Baskara Aji Ingatkan Sanksinya

Meski demikian, kata Joni, KAI hanya menjual 70 persen tempat duduk dari kapasitas maksimal untuk menciptakan physical distancing. Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh yang KAI sediakan pada periode tersebut adalah sebanyak 192.000 tempat duduk. 

“Pada keberangkatan 10 Maret 2021, KAI melayani 36.105 pelanggan KA Jarak Jauh dengan rute favorit Jakarta - Jogja dan Jakarta – Semarang,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (11/3/2021).

Saat ini KAI juga telah menambah 2 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 yaitu Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang mulai Rabu 10 Maret 2021.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Ulang Tahun ke-78, Setkab Ucapkan Selamat

Dengan demikian, total stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 14 stasiun dimana sebelumnya 12 stasiun yang telah melayani pemeriksaan tersebut yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Jogja, Solo Balapan, Madiun, dan Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan Malang.

Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi pelanggan di masa pandemi Covid-19.

Stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 terus KAI ditambah secara bertahap sebagai dukungan terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021 dan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021.

Pemeriksaan GeNose C19 di stasiun merupakan hasil kerja sama KAI dengan Rajawali Nusindo dan Universitas Gadjah Mada.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Tarif untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun saat ini adalah Rp20.000.

Sumber : Bisnis.com