Advertisement

Ekspor Perdana Charter Flight Direct YIA-Hanoi-US

Media Digital
Kamis, 25 Maret 2021 - 11:27 WIB
Nina Atmasari
Ekspor Perdana Charter Flight Direct YIA-Hanoi-US Pesawat Antonov 124 mengangkut 216 px automotive wiring harness, yang merupakan ekspor perdana dengan "charter flight direct" rute YIA-Hanoi-US. - Ist/dok Bea Cukai Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pada Rabu (10/3/2021) suasana di bandara Yogyakarta International Airport (YIA) terlihat berbeda. Tim pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Jogja (Bejo) telah tiba di YIA sejak pagi hari. Mereka siap untuk menyambut kedatangan pesawat Antonov 124 dari Ukraina.

Pesawat Antonov 124 mengangkut 216 px automotive wiring harness dengan berat 55 ton. Ini adalah ekspor perdana dengan "charter flight direct" rute YIA-Hanoi-US.

Advertisement

Petugas Bejo pun melayani dokumen ekspor dan mengawasi pemasukannya ke sarana pengangkut. Selain itu, tim pengawas juga melakukan pemeriksaan pesawat, atau disebut dengan Plane Zoeking, untuk memastikan bahwa tidak terdapat benda berbahaya atau ilegal di dalam pesawat.

Baca juga: Sinergi BUMN, PLN Siapkan Keandalan Pasokan Listrik Jangka Panjang Blok Rokan

Komoditi ekspor merupakan produksi dari Kawasan Berikat PT Jatim Autocomp Indonesia di Pasuruan dan EDS Manufacturing di Tangerang. Ada pula yang berasal dari Pusat Logistik Berikat (PLB) yang berlokasi di Jepara, yaitu PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia.

"Ekspor hari ini merupakan gebrakan luar biasa bagi kita semua. Meski komoditinya bukan berasal dari Jogja, tetapi petugas kami tetap melakukan pelayanan dan pengawasan secara optimal. Kami harapkan hal ini menjadi penyemangat para eksportir di Jogja agar dapat melakukan ekspor dari YIA," jelas Hengky Aritonang selaku Kepala Kantor Bea Cukai Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

DPD Golkar Kota Jogja Pastikan Penjaringan Singgih Raharjo Tak Ada Masalah Meski Masih Jadi Pj Wali Kota

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement