Ekspor Perdana Charter Flight Direct YIA-Hanoi-US

Ekspor Perdana Charter Flight Direct YIA-Hanoi-USPesawat Antonov 124 mengangkut 216 px automotive wiring harness, yang merupakan ekspor perdana dengan "charter flight direct" rute YIA-Hanoi-US. - Ist/dok Bea Cukai Jogja
25 Maret 2021 11:27 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Pada Rabu (10/3/2021) suasana di bandara Yogyakarta International Airport (YIA) terlihat berbeda. Tim pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Jogja (Bejo) telah tiba di YIA sejak pagi hari. Mereka siap untuk menyambut kedatangan pesawat Antonov 124 dari Ukraina.

Pesawat Antonov 124 mengangkut 216 px automotive wiring harness dengan berat 55 ton. Ini adalah ekspor perdana dengan "charter flight direct" rute YIA-Hanoi-US.

Petugas Bejo pun melayani dokumen ekspor dan mengawasi pemasukannya ke sarana pengangkut. Selain itu, tim pengawas juga melakukan pemeriksaan pesawat, atau disebut dengan Plane Zoeking, untuk memastikan bahwa tidak terdapat benda berbahaya atau ilegal di dalam pesawat.

Baca juga: Sinergi BUMN, PLN Siapkan Keandalan Pasokan Listrik Jangka Panjang Blok Rokan

Komoditi ekspor merupakan produksi dari Kawasan Berikat PT Jatim Autocomp Indonesia di Pasuruan dan EDS Manufacturing di Tangerang. Ada pula yang berasal dari Pusat Logistik Berikat (PLB) yang berlokasi di Jepara, yaitu PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia.

"Ekspor hari ini merupakan gebrakan luar biasa bagi kita semua. Meski komoditinya bukan berasal dari Jogja, tetapi petugas kami tetap melakukan pelayanan dan pengawasan secara optimal. Kami harapkan hal ini menjadi penyemangat para eksportir di Jogja agar dapat melakukan ekspor dari YIA," jelas Hengky Aritonang selaku Kepala Kantor Bea Cukai Jogja.