Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DIY Aman

Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DIY AmanPenyaluran BBM oleh Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah. - Istimewa/Pertamina
31 Maret 2021 14:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM), elpiji, dan produk turunan lainnya seperti pelumas serta petrokimia di wilayah Jawa Tengah dan DIY aman.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan sebagian besar pasokan BBM dan elpiji di wilayah Jawa Tengah dan DIY disalurkan dari Refinery Unit (RU) IV Cilacap melalui 7 Integrated Fuel & LPG Terminal (Terminal BBM & LPG) dan Fuel Terminal (Terminal BBM).

Penyaluran tersebut, kata dia, untuk wilayah Jawa Tengah berada di Fuel Terminal Boyolali, Maos, Lomanis, Tegal serta Integrated Fuel & LPG Terminal di Semarang dan Cilacap, sementara untuk di wilayah DIY berada di Fuel Terminal Rewulu, Kabupaten Bantul. 

“Depot Pengisian Pesawat Udara [DPPU] Ahmad Yani Semarang saat ini disuplai avtur dari konsolidasi Fuel Terminal Rewulu Bantul, DIY,” ujar Brasto melalui rilis, Rabu (31/3/2021).

Sementara untuk DPPU Adisutjipto Yogyakarta, DPPU Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo, dan DPPU Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah disuplai avturnya dari RU IV Cilacap. 

“Kami sangat prihatin dengan yang terjadi di salah satu unit operasi kami yaitu RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tetapi pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Tengah serta DIY kami pastikan aman dan tidak terdampak,” ujar Brasto.

Brasto menggambarkan bahwa saat ini rata-rata ketahanan stok BBM di Fuel Terminal di Jawa Tengah dan DIY adalah 11 hari.  “Dengan ketahanan stok tersebut, maka stok aman sehingga konsumen tidak perlu khawatir,” ucapnya.

Brasto menyebutkan agar konsumen yang memiliki pertanyaan dan masukan terhadap pasokan dan distribusi BBM, LPG dan produk lain dari Pertamina, dapat mengkontak Pertamina 135.  “Kami juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh pelanggan setia yang tetap menggunakan produk kami,” ucap Brasto.