Pertamina Lakukan Ini agar Kilang Tak Terbakar Lagi

Pertamina Lakukan Ini agar Kilang Tak Terbakar LagiAwan efek kebakaran pada salah satu tangki di kilang Balongan. Indramayu, Jabar. - Bisnis/Kim Baihaqi
21 Mei 2021 10:27 WIB Denis Riantiza Meilanova Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Pihak Pertamina mengaki mendapatkan pelajaran berharga atas insiden kebakaran yang terjadi di Kilang Balongan, Jawa Barat, pada akhir Maret lalu.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan guna mencegah kejadian serupa terulang, perseroan pun melakukan identifikasi ulang terhadap aspek keamanan pada sejumlah fasilitas kilang minyak dan terminal bahan bakar minyak (TBBM).

Nicke menuturkan bahwa prioritas perseroan saat ini adalah membangun buffer zone di sejumlah area kilang minyak dan TBBM miliknya. Adanya buffer zone akan menciptakan jarak aman yang cukup antara area kilang dan lingkungan masyarakat.

"Lesson learned-nya perlu buffer zone. Memang di samping kilang kami [Balongan] itu jalan raya dan kecelakaan terjadi pada orang yang melintas di situ. Kami prioritaskan pembangunan area untuk buffer zone," ujar Nicke dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Dinkes Bantul: Jumlah Testing Tergantung Kontak Erat

Selain Kilang Balongan, Pertamina juga berencana membebaskan lahan untuk membangun buffer zone di fasilitas perseroan lainnya, seperti TBBM Plumpang, Kilang Cilacap, dan Kilang Balikpapan.

"Plumpang itu kalau lihat safety-nya sudah enggak safe sama sekali. Dengan insiden Balongan kami juga menetapkan Kilang Cilacap harus lakukan pembebasan lahan untuk buffer zone. Kilang Balikpapan juga sedang diidentifikasi lakukan itu," kata Nicke.

Adapun, investigasi terkait penyebab kebakaran di Kilang Balongan hingga saat ini masih berlangsung.

Sumber : bisnis.com