Advertisement

Dukung UMKM Solo Raya Bangkit di Masa Pandemi, Indosat Ooredoo Gelar Program Pelatihan Pengembangan Bisnis Berbasis Teknologi

Media Digital
Kamis, 03 Juni 2021 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Dukung UMKM Solo Raya Bangkit di Masa Pandemi, Indosat Ooredoo Gelar Program Pelatihan Pengembangan Bisnis Berbasis Teknologi SVP - Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang di tengah-tengah peserta program Pelatihan Pengembangan Bisnis Berbasis Teknologi untuk mendukung UMKM Solo Raya bangkit di masa pandemi - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Tidak bisa dipungkiri bahwa tren dunia digital kini sudah jadi bagian hidup bagi masyarakat Indonesia seiring dengan tuntutan zaman. Tak terkecuali bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Solo dan sekitarnya yang berjumlah lebih dari 40 ribu UMKM. Mereka perlu mencari cara untuk mengoptimalkan kanal pemasaran digital dan media sosial untuk memperluas pasar serta meningkatkan pendapatan.

Menyikapi hal tersebut, PT Indosat Tbk (“Indosat Ooredoo”) menggelar program Pelatihan Pengembangan Bisnis Berbasis Teknologi untuk mendukung UMKM Solo Raya bangkit di masa pandemi, Kamis (3/6/2021).

Advertisement

Pelatihan ini diikuti oleh para pelaku UMKM di Solo Raya dari berbagai jenis usaha, mulai dari makanan rumahan, jajanan, kerajinan tangan, mainan anak, fashion, sampai lukisan. Selain dihadiri narasumber dari Indosat Ooredoo, pembicara tamu turut dihadirkan untuk berbagi pengalaman dalam dunia pemasaran digital. Persoalan yang umum ditemui adalah masih banyak para pelaku UMKM di Solo Raya yang bingung harus memulai dari mana untuk menerapkan teknologi digital dalam pemasaran produk dan layanannya. Bagaimana memanfaatkan marketplace sebagai wadah untuk memperbesar kapasitas bisnisnya kerap menjadi persoalan yang mereka hadapi. Diperlukan dukungan kolaborasi berkelanjutan dari pihak swasta, pemerintah, dan komunitas agar para pelaku UMKM tidak sekadar sadar digital, namun juga termotivasi untuk mendapatkan keuntungan bisnis semaksimal mungkin.

SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang, mengatakan, “Indosat Ooredoo memahami bagaimana tren pemasaran UMKM saat ini semakin banyak yang memanfaatkan berbagai kanal digital. Tidak hanya menyiapkan jaringan internet yang handal dan produk yang berkualitas, kami turut mengembangkan berbagai program pemberdayaan berkelanjutan untuk membantu penjualan UMKM di Solo Raya khususnya via online. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kami turut bangga telah berperan aktif mendukung upaya Pemerintah Kota Surakarta dalam memulihkan perekonomian masyarakatnya di masa pandemi ini melalui pemanfaatan teknologi telekomunikasi digital. Tidak hanya terbatas di Kota Solo saja, namun juga termasuk di wilayah Solo Raya.”

Menghadapi kebutuhan telekomunikasi pelanggan khususnya di segmen UMKM yang terus meningkat, tahun ini Indosat Ooredoo telah membangun jaringan 4G berkualitas video dengan jauh lebih cepat dari yang direncanakan. Lebih dari 50% rencana site baru 2021 sudah selesai dibangun di kuartal pertama. Tidak hanya itu saja, lebih dari 32% rencana peningkatan kapasitas jaringan dan lebih dari 33% rencana fiberisasi berhasil dieksekusi dalam periode yang sama. Dampaknya adalah lonjakan kenaikan kebutuhan internet berhasil diimbangi dengan kualitas layanan yang prima. Hal ini dibuktikan dengan kecepatan rata-rata koneksi internet menjadi 9% lebih cepat di saat puncak perayaan Lebaran tahun ini dibandingkan hari biasa.

Indosat Ooredoo juga telah mengembangkan berbagai solusi digital untuk membantu sektor UMKM bertransformasi dan bangkit di masa pandemi. Diantaranya dengan memanfaatkan iKanvas, sebuat platform manajemen konten berbasis cloud yang menyediakan solusi total bagi pelaku UMKM dalam mengirimkan pesan komunikasi secara interaktif dengan mudah, cepat, dan efisien.

Untuk memangkas biaya operasional dan memudahkan pengelolaan semua aktivitas bisnis melalui satu aplikasi, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan layanan iManage sebagai sebuah solusi perangkat lunak atau Software as a Service (SaaS) berbasis cloud yang terintegrasi untuk mengelola lebih banyak unit bisnis. Selain itu, ada berbagai solusi paket komunikasi untuk mendukung bisnis UMKM, seperti IMPreneur, PINTAR, dan Giga Share dengan keunggulan kuota data yang bisa dibagikan kepada anggota UMKM tersebut.

“Melalui berbagai program CSR yang fokus dalam pemulihan ekonomi, Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat Kota Solo dan sekitarnya di masa yang penuh tantangan ini. Dengan semangat #BisaBangkitBersama, kami mengajak peran serta semua pemangku kepentingan untuk memperkuat kolaborasi lintas sektoral bagi kemakmuran masyarakat di Solo Raya,” tutup Steve. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement