Hasil Survei BI: Juni 2021, Persepsi Konsumen terhadap Kondisi Ekonomi Membaik

Hasil Survei BI: Juni 2021, Persepsi Konsumen terhadap Kondisi Ekonomi MembaikKaryawan menata buah yang di pajang di salah satu super market di Jakarta, Rabu (9/9/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
09 Juli 2021 06:37 WIB Maria Elena Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Konsumen melaporkan bahwa persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik dari bulan sebelumnya meski masih berada pada zona pesimis.

BI mencatat Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) pada Juni 2021 tercatat sebesar 90,3, meningkat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 86,8.

Peningkatan tersebut didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, terutama indeks penghasilan saat ini yang naik dari 4,2 poin menjadi 99,4 poin.

“Pada Juni 2021, persepsi konsumen terhadap perbaikan penghasilan terpantau membaik,” tulis BI dalam laporannya, Kamis (8/7/2021).

Adapun indeks penghasilan saat ini pada Juni 2021 mengalami peningkatan pada seluruh kategori pengeluaran, terutama kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp3 juta dan Rp1 juta hingga 4 juta per bulan.

Berdasarkan sisi usia, indeks penghasilan saat ini mengalami peningkatan pada seluruh kategori usia, terutama pada responden berusia 51-60 tahun.

Di samping penghasilan, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama juga membaik.

Kenaikan indeks ini terjadi pada sebagian besar kelompok pengeluaran, terutama responden dengan pengeluaran Rp4 dan Rp1-5 juta per bulan.

Secara keseluruhan, jika dilihat secara spasial, IKE terpantau menguat di 12 kota, dengan kenaikan tertinggi di Banten, diikuti Bandar Lampung dan Mataram.

Sumber : Bisnis.com