Payuung & Alami Rilis Pembiayaan Syariah untuk Karyawan

Payuung & Alami Rilis Pembiayaan Syariah untuk KaryawanIlustrasi Finansial Teknologi - Bisnis.com
21 Juli 2021 18:47 WIB Mediani Dyah Natalia Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Payuung, platform digital yang memfasilitasi kesehatan keuangan perusahaan dan karyawan usaha kecil menengah (UKM) dengan meluncurkan produk pembiayaan karyawan syariah. Upaya ini untuk menjawab meningkatnya kebututuhan likuiditas keuangan masyarakat selama pandemi Covid-19. 

Data Kementerian UMKM dan Koperasi menyebutkan lebih dari 10 juta UKM atau sekitar 16% dari total populasi usaha kecil menengah telah mengadopsi solusi digital selama 2020. Di saat yang bersamaan, permintaan masyarakat akan pinjaman berbasis syariah terus meningkat. Menurut laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selama 2020 pinjaman berbasis syariah meningkat 9,5% meskipun secara keseluruhan industri pinjaman konvensional mengalami kontraksi sebesar 2,41%. 

Menanggapi dua tren tersebut, platform Payuung berusaha memfasilitasi kebutuhan digitalisasi fasilitas keuangan UKM dengan menyediakan pembiayaan karyawan berbasis syariah. Payuung merupakan platform digital kesehatan finansial besutan PT Fatiha Sakti (Fast8), yang juga merupakan perusahaan induk aplikasi pengelolaan SDM Gadjian dan aplikasi presensi Hadirr. 

Afia Fitriati, CEO dan co-founder Fast8, mengatakan peluncuran fasilitas pembiayaan karyawan berprinsip syariah ini selaras dengan terus meningkatnya kebutuhan terkait pembiayaan yang lebih aman dan menenangkan di tengah masyarakat, utamanya di kalangan pelaku usaha kecil dan menengah. 

“Maraknya pinjaman online atau pinjol belakangan ini seperti pedang bermata dua. Di satu sisi pinjol membuka akses finansial yang lebih luas bagi masyarakat, di sisi lain banyak perusahaan yang mengeluh akibat banyak karyawan mereka terlilit pinjaman online,” Afia menjelaskan seperti ditulis di rilis yang Harianjogja.com terima pekan lalu. 

Sebagai perusahaan yang memiliki misi untuk memberdayakan UKM melalui konsep #HRFintech, Payuung berharap melalui fasilitas pembiayaan karyawan syariah ini dapat memberi solusi alternatif pembiayaan yang lebih aman dan menenangkan bagi banyak pihak. 

Produk pembiayaan ini merupakan kerja sama Payuung dengan Alami, salah satu perusahaan rintisan teknologi finansial (tekfin) syariah. “Dengan kolaborasi bersama Payuung, kami berharap dapat memperluas jangkauan layanan finansial syariah, terutama di kalangan karyawan perusahaan-perusahaan kecil dan menengah. Apalagi mengingat momentum ketertarikan dan kesadaran masyarakat terhadap produk-produk keuangan syariah belakangan juga semakin meningkat. Semoga hasil dari kolaborasi ini memberi solusi bagi UKM Indonesia untuk lebih produktif di masa pandemi ini” ujar Bembi Juniar, Chief Business Officer sekaligus Co-Founder dari Alami.