The Garden of Memories, Bukti Konsistensi Artotel terhadap Seni

The Garden of Memories, Bukti Konsistensi Artotel terhadap SeniSeniman Citra Pratiwi (Rawraw) menunjukan karyanya di Artspace Artotel Yogyakarta, Senin (23/8/2021). - Istimewa/Artotel Yogyakarta
24 Agustus 2021 07:47 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Artotel Artspace bekerja sama dengan seniman Citra Pratiwi (Rawraw) menggelar pameran seni tunggal berjudul The Garden of Memories. Pameran seni ini dibuka untuk umum dengan protokol kesehatan ketat di Artspace Artotel Yogyakarta mulai 24 Agustus hingga 24 Oktober 2021.

Rawraw merupakan sebuah nama pseudo sekaligus studio eksperimen yang menanggapi tema-tema urban yang didirikan oleh Citra Pratiwi. Selain sebagai kurator, Citra juga dikenal sebagai seniman lintas disiplin dan kurator.

Citra menjelaskan pamerannya kali ini berangkat dari konsep Ephemera yang merupakan sebuah kata yang digunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang tidak kekal. Pada pameran kali ini, Rawraw menggunakan warna-warni bunga untuk melambangkan Ephemera.

Menghadirkan bentuk yang menggugah kenangan kita melalui karyanya. Rawraw juga menghubungkan benang merah Ephemera dengan konsep Buddhis di budaya Jepang yaitu Mono No Aware, yakni sebuah bentuk kesadaran akan ketidak-kekalan sehingga membuat manusia memiliki empati terhadap hal-hal kecil.

“Kemudian merujuk di masa pandemi ini cukup membuat banyak orang yang kehilangan orang-orang terdekat. Setelah kehilangan, berguguran, layu pasti ada sesuatu yang tumbuh baru,” ujar Citra saat konferensi pers virtual, Senin (23/8/2021).

General Manager Artotel Yogyakarta, Tuning Mamiek mengatakan pihaknya akan tetap melakukan kegiatan pameran seni sebagai bentuk dukungan terhadap industri kreatif khususnya di Jogja.

“Selain itu untuk mendukung kegiatan pembatasan masyarakat, pembukaan pameran seni kali ini akan dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan Instagram Live @artoteljogja bersama rekan media,” ujarnya.