Advertisement

Ekonomi Pulih, Keyakinan Konsumen Masuk Zona Optimis pada Oktober 2021

Maria Elena
Senin, 08 November 2021 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
Ekonomi Pulih, Keyakinan Konsumen Masuk Zona Optimis pada Oktober 2021 Konsumen di satu gerai supermarket di Purwokerto. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyebut optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi menguat dan kembali ke zona optimis setelah tiga bulan sebelumnya tercatat turun ke zona pesimis.

Kondisi ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2021 yang tercatat sebesar 113,4, meningkat dari 95,5 pada September 2021.

Advertisement

“Penguatan IKK Oktober 2021 terutama didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini meski masih berada pada area pesimis,” tulis BI dalam Laporan Survei Konsumen, Senin (8/11/2021).

BI mencatat, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 91,8 meningkat dari 72,7 pada bulan sebelumnya.

Sejalan itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada enam bulan ke depan juga terpantau membaik, tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang meningkat 16,7 poin dibandingkan bulan sebelumnya menjadi 134,9.

Perkembangan tersebut dipengaruhi oleh membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat, seiring pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas di berbagai wilayah Indonesia sebagai dampak respons penanganan Covid-19 yang makin baik.

Berdasarkan kelompok responden, IKK terpantau mengalami kenaikan pada seluruh kategori pengeluaran, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden.

Sementara secara spasial, IKK tercatat meningkat di hampir seluruh kota yang disurvei, tertinggi di kota Banten, diikuti Makassar, dan Banjarmasin.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Terdampak Abrasi, Posko SAR di Pantai Krakal Gunungkidul Rawan Ambruk

Gunungkidul
| Minggu, 29 Mei 2022, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Daftar Destinasi Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi

Wisata
| Sabtu, 28 Mei 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement