Advertisement

PT Pos Indonesia Dukung UMKM Terus Berkembang dan Naik Kelas

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 22 November 2021 - 16:27 WIB
Arief Junianto
PT Pos Indonesia Dukung UMKM Terus Berkembang dan Naik Kelas Rombongan Harian Jogja saat berkunjung ke kantor PT Pos Indonesia KCU Yogyakarta, Senin (22/11/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama (KCU) Yogyakarta terus meneguhkan komitmennya mendukung entrepreneur muda dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di DIY untuk mengembangkan bisnisnya.

Executive General Manager PT. Pos Indonesia KCU Yogyakarta, R. Bagus M. Yusuf mengaku telah bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) DIY dalam memberikan program gratis ongkos kirim bagi pelaku UMKM yang telah terdaftar di aplikasi Sistem Informasi Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha (Sibakul).

Advertisement

Aplikasi Sibakul menjadi pusat data koperasi dan UMKM DIY. Keberadaan upaya ini bertujuan agar dapat menjaga soliditas, keterbaruan, akurasi dan integritas data koperasi dan UMKM.

Dengan begitu diharapkan bisa memberi gambaran yang tepat postur kekuatan koperasi dan UMKM di DIY.

“Sejauh ini program berjalan dengan baik, untuk kemaslahatan UMKM. Kami juga mendorong milenial yang memiliki usaha, bisa memanfaatkan kerja sama, untuk pengiriman tujuan dalam maupun luar negeri,” ucap Bagus, Senin (22/11/2021).

Bagus mengatakan PT Pos Indonesia KCU Yogyakarta juga berusaha mendukung UMKM dengan berbagai pelatihan. Seperti pelatihan tentang ekspor dan pengemasan, sehingga UMKM nantinya bisa naik kelas.

Meski begitu, pihaknya tidak sembarangan mendukung UMKM. Dia mengatakan dukungan diberikan hanya kepada UMKM yang memiliki kontribusi juga ke masyarakat, membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, penggunaan bahan baku dari lokal.

“Program kami selalu jangka panjang. Harapan memberi kemanfaatan lebih besar, mendukung UMKM, industri kreatif. Harapan dengan begitu ekonomi juga bisa bergerak,” ujar Bagus.

Di era serba digital ini, imbuh dia, PT Pos Indonesia juga tidak mau ketinggalan. Transformasi digital dilakukan untuk memudahkan masyarakat memanfaatkan layanan dari PT Pos Indonesia. “Ada dua aplikasi telah kami kembangkan, yaitu aplikasi PosAja!, dan Pospay,” ujar dia.

Melalui PosAja!, masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan kurir PT Pos Indonesia, dari permintaan pick up kiriman hingga jejak lacak kiriman.

“Sementara Pospay merupakan layanan pembayaran milik Pos Indonesia yang memudahkan berbagai transaksi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada 2024, KPU Jogja Gandeng Disdukcapil Memastikan Akurasi Data Pemilih

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement