Advertisement

Shopee Solo Creative & Innovation Hub Dibuka di Solo

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 06 Desember 2021 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Shopee Solo Creative & Innovation Hub Dibuka di Solo Persemian Shopee Solo Creative & Innovation Hub, di Solo Technopark, Senin (6/12/2021). - Istimewa

Advertisement

SOLO—Shopee meresmikan Shopee Solo Creative & Innovation Hub, Senin (6/12/2021). Hub yang berlokasi di Solo Technopark ini akan memfasilitasi generasi muda di Jawa Tengah untuk berjejaring dan bertukar pikiran demi menciptakan inovasi yang akan mendorong pemulihan ekonomi.

Di lokasi yang sama, hadir pula Garena Gaming & Community Hub, rumah bagi seluruh komunitas gaming Kota Solo untuk berkumpul, berkolaborasi, dan berkarya bersama dalam membuat acara gaming maupun menjalankan turnamen esports

Advertisement

Kehadiran Shopee Creative & Innovation Hub merupakan salah satu bagian dari dua fase pengembangan Solo Technopark yang akan dilakukan. Shopee dan Garena Hub hadir secara gratis dan terbuka untuk umum, serta akan menjadi bagian dalam cluster Technopreneurship dan akan menjadi katalis untuk memperkuat posisi Solo Technopark sebagai pusat inovasi dan vokasi, khususnya di Jawa Tengah.

Shopee Hub bersifat terbuka dan gratis bagi publik dan juga komunitas-komunitas sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas SDM. Di sisi lain, Garena juga menghadirkan gaming & community hub untuk meningkatkan potensi-potensi atlet esports lokal. Hadirnya komunitas e-sports juga dapat menjadi katalis tumbuhnya industri game di Jawa Tengah.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja turut hadir dalam peresmian meresmikan hub tersebut. 

"Saat ini disrupsi digital tengah terjadi sehingga kita harus melakukan akselerasi UMKM secara digital agar rakyat Indonesia bisa mengoptimalkan kekuatan ekonomi digital yang nilainya cukup besar yaitu Rp640 triliun. Bahkan di tahun 2025, diprediksi digital ekonomi Indonesia akan menjadi yang terbesar di ASEAN yaitu Rp1.700 triliun. Semoga Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark menjadi penting untuk perkembangan perekonomian Indonesia khususnya Solo," kata Teten melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Senin.

Sementara, Gibran Rakabuming berharap hub ini bisa membawa semangat baru bagi Solo Technopark. Solo Technopark didirikan 2014 lalu sebagai pusat ilmu pengetahuan untuk pemuda-pemudi Kota Solo. Perkembangan teknologi di era digital saat ini mengajarkan pentingnya integrasi yang diharapkan dapat menciptakan inovasi teknologi guna menstimulasi pemulihan ekonomi daerah.

"Kami sangat mengapresiasi Shopee dan Garena atas dukungannya dalam menghadirkan Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark yang membawa semangat baru untuk pusat inovasi ini. Harapan saya, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Solo untuk berkolaborasi dan menciptakan inovasi,” ujar dia.

Handhika Jahja mengaku bangga dapat menjadi bagian dari tempat berkumpulnya pelaku technopreneurship. “Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub ditujukan untuk memberikan wadah bagi generasi muda di Kota Solo dan sekitarnya untuk bisa bertukar pikiran demi menemukan solusi agar mampu beradaptasi dan bangkit serta berdaya. Di sisi lain, kami juga berharap keberadaan hub ini mampu berkontribusi untuk menghidupkan Solo Technopark yang inovatif dan berdaya saing internasional. Kolaborasi dan sinergi merupakan kunci pemulihan ekonomi, dan kami berharap hub baru di Solo ini bisa menjembatani kebutuhan ini,” jelasnya.

Direktur Garena Indonesia, Hans Saleh menyambut seluruh komunitas gaming termasuk para pemain gim dan penggiat esports di Kota Solo, melalui peresmian ini. “Sebagai bentuk nyata komitmen Garena untuk mengembangkan industri game dan esports Indonesia, kami menghadirkan Garena Gaming & Community Hub. Diharapkan fasilitas yang disediakan dapat mendukung tumbuh kreativitas para generasi muda yang ingin berkarya di dunia gaming,” jelasnya.

Di Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub ini terdapat fasilitas ruang kolaborasi, kedai kopi dan fasilitas lain yang dihadirkan seperti Area Inovasi, Area Eksplorasi, Area Mabar (main bareng), Area Nobar (nonton bareng).

Warga dan pelaku UMKM Kota Solo yang ingin datang dan berkolaborasi di Shopee Solo Creative & Innovation Hub ini dapat langsung datang ke hub ini dengan menyiapkan aplikasi Peduli Lindungi. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Siaran Pers

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ada 17 Ruas Jalan Kawasan Wisata Rusak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement