Advertisement

Jelang Masa Angkutan Lebaran, KAI Optimalkan Tes Cepat di 3 Stasiun Ini

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 05 April 2022 - 11:27 WIB
Arief Junianto
Jelang Masa Angkutan Lebaran, KAI Optimalkan Tes Cepat di 3 Stasiun Ini Sejumlah calon penumpang saat menunggu upaya rapid test antigen di stasiun Jogja, Gedong Tengen, Kota Jogja, Selasa (22/12/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 terus mempersiapkan diri jelang diterapkannya masa angkutan Lebaran 1443 Hijriah. 

Selain menerapkan persyaratan baru, PT KAI Daop 6 juga mengoptimalkan layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan kereta api (KA) jarak jauh di berbagai klinik kesehatan milik KAI serta penyediaan tiga stasiun untuk melayani rapid test antigen.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Manager Humas PT KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan KA jarak jauh disediakan di sejumlah klinik kesehatan milik KAI. Di antaranya adalah Kutoarjo, Solo, dan Madiun. "Sementara di wilayah lain, seperti di Klinik Mediska Cirebon, Purwokerto, Kroya, Surabaya Gubeng, Jember, Padang, Palembang, dan Tanjungkarang," kata dia melalui rilis, Selasa (5/4/2022).

BACA JUGA: Hotel Atria Magelang Hadirkan Sensasi Buka Puasa di Tempat Terbuka

Hal tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara KAI dengan Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, dan Dinas Kesehatan setempat untuk mendukung program vaksinasi pemerintah. Ke depan, layanan tersebut juga akan KAI siagakan di berbagai stasiun untuk mendukung program vaksinasi pemerintah.

Selain itu KAI Daop 6 juga masih menyediakan tiga stasiun yang melayani rapid test antigen. Ketiga stasiun itu masing-masing adalah Stasiun Yogyakarta, Solo Balapan, dan Lempuyangan.

Supriyanto mengatakan, tarif rapid test antigen di ketiga stasiun itu pun tak naik meski memasuki masa angkutan Lebaran. "Tarifnya Rp35.000," kata dia.

Soal persyaratan naik KA, menyambut dilaksanakannya masa angkutan lebaran 1443 H/2022, KAI mulai menerapkan persyaratan baru untuk keberangkatan mulai Selasa (5/4/2022). Pelanggan KA Jarak Jauh yang telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen pada saat proses boarding.

Advertisement

BACA JUGA: Dibuka Presiden, Bisnis Indonesia Gelar Pekan Milenial Naik Kelas pada 5-7 April 2022

Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 39/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 Senin (4/4/2022).

"Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan syarat naik KA di masa pandemi Covid-19 serta layanan tes antigen dan vaksinasi, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, Whatsapp 08111-2111-121, surel [email protected], atau media sosial KAI121."

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Longsor di Jalur Wonosari-Jogja Belum Mengganggu Pengiriman Logistik

Jogja
| Selasa, 29 November 2022, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement