Advertisement

Dukung UMKM Naik Kelas, Telkom Perkenalkan Leap ke Pontianak

Arief Junianto
Selasa, 26 April 2022 - 14:57 WIB
Arief Junianto
Dukung UMKM Naik Kelas, Telkom Perkenalkan Leap ke Pontianak Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid (kedua kiri) bertemu pengusaha lokal Kalimantan Barat. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand LeapTelkom Digital (Leap) secara konsisten membantu percepatan digitalisasi di berbagai ekosistem dan di berbagai daerah di Indonesia.

Telkom menjalin kerja sama berbagai pihak untuk memastikan implementasi digitalisasi di seluruh sektor termasuk instansi, korporasi hingga pemerintah di seluruh daerah di Indonesia, termasuk salah satunya di Kota Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat.

Advertisement

BACA JUGA: Kian Sehat, PT SMA Terima Suntikan Rp200 Miliar dari Bank Muamalat

Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid, melakukan serangkaian kegiatan di Pontianak, salah satunya beraudiensi dengan Pemda Kalimantan Barat, Rabu (20/4/2022). Audiensi itu digelar untuk memperkenalkan produk dan layanan digital Leap guna mendukung aktivitas pemerintahan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Adapun produk-produk yang diperkenalkan antara lain BigBox, PaDi UMKM, SooltanPay, dan Logee.

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid berterima kasih atas respons yang baik dari Pemda Kalimantan Barat. Menurutnya, saat ini tercatat kurang lebih 335 UMKM dari Kalimantan Barat Pontianak telah terdaftar di Padi UMKM, dengan total transaksi mencapai puluhan miliar rupiah.

“Semoga angka ini dapat terus bertambah, sehingga UMKM di Kalimantan Barat dapat naik kelas dan meningkatkan value serta kualitas dari usahausaha mereka,” kata Fajrin melalui rilis, Selasa (26/4/2022).

BACA JUGA: Sambut Lebaran, Telkom Pastikan Kesiapan Jaringan di Banda Aceh

Selanjutnya untuk menumbuhkan semangat digital entrepreneur di Kalimantan Barat, Fajrin pun berbagi tip dan strategi digital entrepreneurship kepada para milenial yang bertajuk Ngopi Bareng Milenial: Digital Atau Tertinggal.

Pada kegiatan tersebut para peserta menyampaikan perhatian mereka terhadap kesempatan bagi para pengusaha lokal untuk naik kelas ke tingkat nasional.

“Untuk dapat terekspos lebih luas, teman-teman harus memiliki mindset global. Bagaimana produk yang dibangun dapat menyelesaikan permasalahan, tidak hanya di kota tertentu, tetapi juga di seluruh Indonesia bahkan mungkin regional seperti Asia Tenggara,” ujar Fajrin.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyambut baik inisiatif Telkom untuk dapat mengembangkan produk-produk digital di Provinsi Kalimantan Barat di antaranya adalah implementasi Satu Data serta pemanfaatan platform PaDi UMKM dan SooltanPay.

Fajrin bersama Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Garuda Wiko menandatangani kesepakatan bersama sinergi pemanfaatan sumber daya sebagai bentuk komitmen Telkom mendukung Universitas Tanjungpura menuju cyber university.

Dalam kesempatan yang sama, Telkom turut memberikan program bantuan co-working space dan program bantuan MBKM Smart Village Tanjungpura kepada Universitas Tanjungpura yang diwakili oleh Rektor Universitas Tanjungpura.

Hal ini selaras dengan program Leap untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia melalui universitas sebagai pabrik talenta digital.

Dalam rangkaian tersebut dilaksanakan pula penandatanganan perjanjian kerja sama Satu Data, Kamis (21/4/2022) antara GM Witel Kalimantan Barat Tedi Rukmantara dengan sejumlah Dinas Komunikasi dan Informatika daerah setempat.

Penandatanganan Implementasi Satu Data ini merupakan langkah awal untuk Proof of Concept (PoC) produk BigBox yang merupakan produk Leap Telkom Digital di Pemda Kalimantan Barat, Pemkab Kuburaya, Pemkab Sintang, Pemkab Kayong Utara, dan Pemkab Melawi, sesuai dengan Perpres No.39/2019 tentang Satu Data Indonesia.

BACA JUGA: Harga Emas Antam 22 April 2022 Turun setelah Sempat Tembus Rp1 Juta

Leap merupakan umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional.

Hal ini sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses laman resmi leap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement