Advertisement

Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian Terdiri Atas Siapa Saja? Ini Penjelasannya...

Media Digital
Rabu, 27 April 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian Terdiri Atas Siapa Saja? Ini Penjelasannya... Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Individu dan lembaga tidak bisa lepas dari sebuah sistem perekonomian. Pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian terdiri atas beberapa struktur. Dalam struktur yang dibentuk tersebut mempunyai tugas peran penting untuk menjalankan roda ekonomi yang sedang berlangsung.

Simak berikut ini penjelasan lengkapnya yaitu:

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pelaku Ekonomi Dalam Suatu Perekonomian Terdiri Atas Siapa Saja?

Dalam sebuah negara tentunya ada pelaku ekonomi yang bertugas dan mempunyai peranannya tersendiri dalam melaksanakan kegiatan perekonomian. Secara urut para pelaku ekonomi tersebut berjumlah empat pihak atau lembaga di dalamnya. Untuk lebih lanjutnya, simak berikut ini penjelasannya yaitu:

1. Rumah Tangga Keluarga

Pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian terdiri atas unit yang paling rendah atau kecil yaitu keluarga. Rumah tangga keluarga sendiri adalah unit terkecil yang masuk ke dalam perekonomian. Di dalam struktur keluarga terdapat ayah sebagai kepala keluarga, lalu ibu dan anak.

Peran yang dimiliki oleh keluarga tentunya ganda yakni sebagai konsumen dan juga produsen dalam kegiatan perekonomian. Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh keluarga yaitu menghabiskan nilai guna atau manfaat suatu barang. Untuk kegiatan produksinya sendiri yaitu menghasilkan produk dalam rangka memenuhi kebutuhan hariannya.

Pelaku ekonomi disebut juga sebagai jasa yang menyediakan faktor produksi, sebab dari keluarga bisa menghasilkan SDM, tanah sampai dana. Nah, dari perannya sebagai produksi inilah rumah tangga keluarga bisa memperoleh penghasilan. Selanjutnya penghasilan tersebut akan dipergunakan sebagai alat untuk melengkapi kebutuhan hariannya akan barang dan jasa.

2. Produsen

Selanjutnya ada rumah tangga produsen atau perusahaan. Secara keseluruhan pengertian dari rumah tangga produsen adalah para pelaku yang memfasilitasi atau menyediakan barang dan jasa. Produsen juga mempunyai peranan yang berbeda dengan lainnya yaitu mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Peran lain yang dimiliki oleh produsen selain sebagai penghasil produk yakni memberikan pinjaman kredit dana. Untuk kredit dananya sendiri dikeluarkan oleh kepala lembaga keuangan untuk pengembangan usaha. Bukan hanya itu, pembayaran pajak kepada negara pun dapat dilakukan.

3. Pemerintah

Dalam melakukan kegiatan perekonomian pemerintah tentunya mempunyai andil yang cukup besar yaitu sebagai pengendali ekonomi sebuah negara. Jika ditinjau berdasarkan undang undang yang berlaku pemerintah sudah seharusnya bertindak sebagai pelaku ekonomi. Keterlibatan pemerintah dalam memberikan wewenang dan kebijakan pun sangat berpengaruh terhadap aset yang dimiliki negara.

Dalam menjalankan perannya sebagai pelaku ekonomi, pemerintah juga diharapkan dapat membangun sarana umum hingga menciptakan mobilitas ekonomi yang stabil. Pengaruh besar yang diberikan oleh pemerintah semata mata dilakukan untuk kepentingan rakyat. Terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh pemerintah di antaranya yaitu:

- Membuat kesempatan kerja jauh meningkat
- Berhasil mengontrol inflasi
- Menstabilkan neraca pembayaran luar negeri
- Berusaha meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian
- Mampu membuat masyarakat adil dan makmur

4. Warga Negara Luar Negeri

Terakhir yang menjadi bagian perekonomian adalah masyarakat luar negeri. Dalam sebuah negara terdapat sebuah kondisi atau situasi yang membutuhkan bantuan dari warga luar untuk menolong ekonomi dalam negeri. Contohnya negara yang mengirim barang dari luar ke dalam negeri untuk pemenuhan kebutuhan Indonesia. Tidak hanya negara luar saja yang dapat mengirimkan barang hasil buatannya ke dalam negeri.

Namun Indonesia juga dapat melakukan ekspor sehingga produk yang dihasilkan di dalam negeri dapat dipasarkan secara internasional. Kedua kegiatan ekspor dan impor yang dilakukan tersebut berakhir dengan tujuan untuk memperoleh untung bagi perekonomian negara.

Itulah penjelasan terkait pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian terdiri atas beberapa pihak yang bertanggung jawab di dalamnya. Mulai dari tingkat keluarga hingga masyarakat luar negeri mempunyai peranan yang penting dalam perputaran perekonomian. Sinergi dan kerja sama antar pelaku ekonomi juga dapat memberikan dampak lebih demi kemajuan sebuah negara. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dinkes Bantul: Angka Stunting di Kalurahan Selopamioro Tertinggi di Bumi Projotamansari

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Buyer Terkesan saat Membuat Ecoprint & Jalan-jalan ke Tamansari

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement