Advertisement

Kampanyekan Koperasi kepada Anak Milenial, Pemkot Jogja Gelar Lomba Tangkas Terampil

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 19 Mei 2022 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Kampanyekan Koperasi kepada Anak Milenial, Pemkot Jogja Gelar Lomba Tangkas Terampil Suasana Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian bagi Koperasi Siswa Jenjang SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se-Kota Jogja, di Tasneem Hotel, Kamis (19/5/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Jogja menggelar Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian bagi Koperasi Siswa Jenjang SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se Kota Jogja, di Tasneem Hotel, Kamis (19/5/2022).

Lomba ini dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-75 sekaligus sebagai bentuk kegiatan pengembangan pendidikan ekonomi koperasi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Perempuan Terus Didorong Berperan Dukung Perekonomian

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi berharap kegiatan tersebut dapat membantu siswa memupuk semangat gotong royong dan saling membantu untuk memenuhi kebutuhan, dunia bisnis, kedisiplinan dan tanggung jawab, serta membiasakan siswa untuk gemar menabung.

"Kegiatan ini dapat mendukung untuk memberikan pemahaman kepada siswa siswi dalam bidang koperasi dan bersama-sama mengembangkan perkoperasian. Selain itu, mereka juga dapat saling bergotong royong membuat koperasi modern di lingkungan mereka," ucap Heroe, Kamis.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto Raharjo mengungkapkan dalam Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian pengetahuan peserta soal seputar sejarah koperasi serta soal-soal bersifat kearifan lokal akan diuji.

“Ini mendorong peserta untuk berpikir visioner tentang koperasi untuk ke depannya seperti pengelolaan, inovasi dan lainya,” kata Tri.

BACA JUGA: Setelah Lebaran, Warga Jogja Makin Ramai Beli Emas

Advertisement

Kepala Bidang Koperasi Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Jogja, Bebasari Sitarini menambahkan, lomba tersebut diikuti total 150 peserta.

Adapun hadiahnya, panitia telah menyediakan hadiah untuk Juara Pertama sebesar Rp5 juta; pemenang kedua sebesar Rp4,5 juta; dan untuk pemenang ketiga sebesar Rp4 juta. Masing-masing pemenang juga berhak mendapatkan sertifikat, dan piala.

“Ke depan kami berharap para generasi milenial ini dapat mengimplementasikan apa yang sudah diperoleh, wawasan mengenai koperasi. Selain juga, dapat menangkap bagaimana peluang perkembangan yang ada, dengan teknologi digital,” kata Sita.

Advertisement

Guru SMPN Jogja, Dicky Muhammad Hidayat menyambut baik penyelenggaraan lomba ini. Menurutnya dengan penyelenggaraan ini para siswa semakin mengenal koperasi.

“Di sekolah kami, koperasi juga berjalan, untuk siswa koperasi lebih ke konsumsi. Guru ada koperasi simpan pinjam. Setelah kegiatan ini semoga anak-anak semakin mengenal koperasi. Tertarik ikut dan menambah mindset bahwa koperasi juga ebagai upaya saling membang anggota,” ucap Dicky.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

UMK Gunungkidul 2023 Terendah se-DIY, Suara Buruh Terbelah

Gunungkidul
| Rabu, 07 Desember 2022, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Malam Pergantian Tahun, Hotel-Hotel di Bantul Siapkan Gala Dinner dan Live Music

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement