Advertisement

Cetak Generasi Muda Berkualitas, Program Gen Aktif Diperluas hingga ke Jogja

Lajeng Padmaratri
Rabu, 15 Juni 2022 - 23:37 WIB
Arief Junianto
Cetak Generasi Muda Berkualitas, Program Gen Aktif Diperluas hingga ke Jogja Wakil Ketua I TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam memukul gong tanda dimulainya perluasan kegiatan dan program Gen Aktif di DIY, Rabu (15/6/2022). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Sebagai langkah mendorong generasi muda berkualitas, BenihBaik.com mengenalkan gerakan dan program Gen Aktif (Generasi Sehat dan Aktif) di Jogja. Kegiatan ini ingin mewujudkan lingkungan yang suportif dan kondusif bagi remaja dalam mengembangkan bakat sekaligus menjauhkan diri dari perilaku negatif.

Program Gen Aktif telah dimulai pada Februari 2022 di DKI Jakarta. Gerakan ini kemudian diperluas ke DIY pada Mei-Juni 2022. Saat ini, program ini telah menjangkau sekitar 370 siswa SMP dan SMA, lebih dari 110 tenaga pendidik, dan 250 orang tua.

BACA JUGA: Pemerintah Dukung Penguatan UMKM dan IKM sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi

CEO & Founder BenihBaik.com, Andy F. Noya menjelaskan BenihBaik.com memiliki tiga pilar, yaitu pendidikan, lingkungan, dan UMKM. Pada pilar pendidikan, BenihBaik.com berupaya mewujudkan generasi muda yang produktif dan sehat.

"Ketika bicara generasi muda, kami punya gerakan besar untuk mendorong anak muda dalam sociopreneurship. Setelah enterpreneurship kami harap mereka memulai usaha mereka jangan semata-mata mencari materi, tapi juga ada dampak sosial," terang Andy dalam konferensi pers di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sleman, Rabu (15/6/2022).

Andy yang juga jurnalis ini menjelaskan jika anak muda hanya fokus pada urusan materi, banyak flexing seperti tren saat ini, maka tidak akan memberikan dampak positif kepada generasinya.

Dia menyebut, lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan sekolah punya peran untuk menciptakan anak muda yang peduli pada sesama.

BACA JUGA: Webinar Nyengkuyung G20: Pemberdayaan UMKM Harus Lebih Menantang

Dia percaya remaja di Indonesia membutuhkan lingkungan yang dapat memberi dukungan untuk meraih cita-citanya. Tak hanya dukungan di bidang pendidikan, melainkan juga dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terjerumus kepada perilaku negatif, salah satunya kebiasaan merokok sejak usia dini.

"Jujur saja saya melihat masalah narkoba itu serius sekali di negeri ini. Biasanya mereka memulai sejak usia muda dengan merokok. Ke depannya bisa jadi pintu masuk untuk narkoba dan tindakan kriminal yang lain," kata dia.

Advertisement

Untuk itu, dia menggandeng sejumlah pihak untuk membuat gerakan BenihBaik.com sebagai tanggung jawab sosial agar anak muda tumbuh sehat. Program ini turut didukung oleh PT HM Sampoerna Tbk. yang berkomitmen untuk mencegah anak-anak agar tidak merokok.

Wakil Ketua I TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam mengutarakan dukungannya terhadap program Gen Aktif. "Saya mendukung program ini tidak hanya memberikan pelatihan kepada remaja, tetapi juga kepada orang tua dan guru, sehingga memiliki kiat menjadi support system yang baik bagi anak," kata dia yang juga hadir dalam konferensi pers tersebut.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Ternak Mati Terpapar PMK Bisa Dapat Bantuan, Bupati Sleman: Semua Harus Terdata

Sleman
| Rabu, 10 Agustus 2022, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement