Advertisement

Begini Cara Jualan Online Biar Lebih Cepat Laku

Nabila Dina Ayufajari
Senin, 27 Juni 2022 - 21:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Begini Cara Jualan Online Biar Lebih Cepat Laku Ilustrasi perlindungan data pribadi saat belanja di toko online atau e-commerce - Freepik.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tidak semua pedagang online mampu membuat jualan cepat laku. Namun, jangan khawatir! Ada banyak yang memanfaatkan tren atau menjual item untuk produk populer.

Misalnya, menjual masker medis di tengah pandemi Covid-19. Kamu bisa mengambil peluang itu di saat semua orang butuh menggunakan masker kapanpun dan dimanapun. Coba lihat di sekeliling kamu kira-kira apa yang dibutuhkan dan sedang digandrungi pelanggan, lalu pelajari dan isi peluang itu untuk berjualan secara online serta meraup untung.

Advertisement

Simak cara jualan online agar cepat laku dan ramai pembeli:

1. Pikirkan tentang merek

Setiap produk adalah peluang branding. Saat membangun toko online, kamu juga membangun merek yang dapat diidentifikasi serta pilihan produk harus mencerminkan gaya, etos, dan suasana merek. 

Ketika membentuk merek, coba pertimbangkan target, serta hal yang diinginkan dan diharapkan oleh calon pembeli. Lalu, pikirkan tentang apa yang akan mereka katakan tentang produk kamu.

2. Kirim sampel gratis ke Influencer

Internet dikemas dengan blogger, jurnalis, pengusaha, dan vlogger berpengaruh dari berbagai industri dan ceruk. Kamu hanya perlu menemukan yang tepat. Banyak dari mereka memiliki banyak pengikut di media sosial dan audiens setia di akunnya.

Mengirim sampel gratis produk ke influencer dalam industri yang sama atau terkait dengannya dalam beberapa cara memberi kesempatan untuk memberitahu mereka bahwa kamu menghargai pekerjaannya dengan hadiah kecil. Beruntung jika mereka menyebut produk kamu di salah satu akunnya.

Tidak hanya dapat mengakibatkan lonjakan pembelian dan pengikut media sosial toko, tetapi kamu juga akan mendapatkan persetujuan dari pakar industri.

3. Bangun jaringan

Membangun jaringan dan hubungan yang tepat, baik secara online maupun offline, dapat menjadi jembatan kamu menuju kesuksesan.

Apa pun jenis produk yang kamu jual, ada bisnis yang berpikiran sama di luar sana, dan kamu perlu berteman dengan mereka. Triknya adalah membangun hubungan dengan orang lain yang terkait erat dengan bisnis kamu, tetapi bukan pesaing langsung.

Misalnya, pemasok dan situs web yang berfokus pada industri kamu akan ideal karena mereka dapat membantu memberi umpan balik konsumen dan menawarkan penawaran promosi.

4. Tawarkan Kontes atau Hadiah

Semua orang menyukai barang gratis. Jika kamu ingin membangun kepercayaan saat meluncurkan upaya penjualan, kontes atau hadiah dapat membantu melakukan hal itu.

Menggelar kontes dan hadiah tidak hanya dapat membantu menggaet pelanggan, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan kepadanya bahwa produk kamu dapat dipercaya.

5. Menjual dan mempromosikan via media sosial

Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook atau Meta adalah sebagian dari platform media sosial yang populer digunakan masyarakat terutama kalangan anak muda. Ini memungkinkan kamu mengambil pendekatan yang sedikit berbeda untuk terlibat dengan konsumen.

Platform ini adalah tempat yang tepat untuk mempresentasikan kreativitas ke bisnis kamu di belakang layar. Mulai dari jepretan gambar produk atau rekam video proses pembuatannya. Bikin semenarik mungkin karena ini merupakan peluang yang besar untuk menggaet calon pembeli. Lakukan pemasaran, membangun citra merek, dan interaksi dengan konten-konten indah yang dihasilkan.

6. Membangun E-Commerce

Ini adalah cara yang paling canggih untuk menjual secara online. Kamu bisa memiliki kendali penuh atas platform perdagangan, cara merepresentasikan produk, harga yang ditetapkan, dan proses pembayarannya.

Dalam kebanyakan kasus, memiliki toko online sendiri adalah tahap terakhir ketika membangun operasi penjualan online. Toko online adalah pusat operasi yang dapat menghubungkan semua saluran penjualan online kamu yang lain ke sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement