Advertisement

Begini Cara Pakai QR Code MyPertamina Tanpa HP

Annasa Rizki Kamalina
Senin, 04 Juli 2022 - 12:47 WIB
Jumali
Begini Cara Pakai QR Code MyPertamina Tanpa HP Foto ilustrasi: Pengendara mengisi bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) 34.401.16 di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/4/2020). - Bisnis/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pelanggan roda empat tetap bisa membeli BBM bersubsidi tanpa menggunakan MyPertamina yang diakses melalui telepon genggam atau handphone (HP), tetapi cukup dengan QR Code.

Pelanggan dapat mencetak QR Code kendaraan yang telah terdaftar dalam subsiditepat.mypertamina.id. Melalui akun resmi Instagram @mypertamina, pelanggan dapat melihat tata cara pembelian BBM bersubsidi tanpa menggunakan HP. Pada saat operator menanyakan kode tersebut, pelanggan dapat memberikan QR Code yang telah dicetak dalam kertas.

Advertisement

Untuk pembayaran, masyarakat tidak perlu khawatir, karena masih tetap dapat menggunakan tunai.
“Terus gimana kalau mau bayar? Tenang saja, soal pembayaran tetap bisa pakai cash,” unggah @mypertamina, Minggu (3/7/2022).

Sebelumnya, PT Pertamina Patra Niaga juga mengimbau untuk berhati-hati terhadap aplikasi tidak resmi MyPertamina. Aplikasi resmi yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Pada dasarnya, jenis bahan bakar minyak atau BBM yang termasuk bersubsidi ada Biosolar dan Pertalite. Sesuai lampiran Peraturan Presiden No. 191/2014, konsumen yang berhak mendapatkan solar bersubsidi untuk transportasi darat, yakni kendaraan pribadi, umum plat kuning, angkutan barang (kecuali untuk pengangkut hasil pertambangan dan perkebunan dengan loda >6), dan mobil layanan umum seperti ambulance, mobil jenazah, sampah, dan pemadam kebakaran. Sementara aturan bagi pengguna Pertalite masih terus dikaji dalam revisi Perpres tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement